Jumat, 18 Oktober 2013

FINANCIAL REVOLUTION with F.Q (FINANCIAL QUOTIENT) KECERDASAN FINANSIAL by Dr.Edu, Dr.Mus, Dr.Hc. BAYU WIRAWAN, M.Mus, M.Art, B.Mus


FINANCIAL REVOLUTION with F.Q (FINANCIAL QUOTIENT)
KECERDASAN FINANSIAL

Oleh: Dr.Edu, Dr.Mus, Dr.Hc. BAYU WIRAWAN, M.Mus, M.Art, B.Mus
Materi Seminar "Kewirausahaan/Entepreneurship"
Hari/Tanggal: Senin, 21 Oktober 2013
Tempat: Aula Lantai 3 Gedung Rektorat ISI Padang Panjang.
Pembicara: Dr.Edu, Dr.Mus, Dr.Hc. BAYU WIRAWAN, M.Mus, M.Art, B.Mus

  • No. Telp (H.P): 0838 6242 6203
  • E-mail: bayuwirawan71@gmail.com
  • Facebook: KING JAZZ (Bayu Wirawan),
  • Facebook: "KING JAZZ", "KING JAZZ MASTERPIECE", "KING JAZZ RECORD"
  • Twitter: "KING JAZZ RECORD"
  • Music Albums - FreeDownload: http://kingjazz.mymusicstream.com/
  • Blog: http://kingjazzmaestro.blogspot.com

TIPS 1
KEKAYAAN ADALAH SAMA DENGAN KEMAMPUAN UNTUK TERUS BERTAHAN HIDUP DENGAN GAYA HIDUP YANG ADA, TANPA HARUS BEKERJA.

Keterangan:
Penelitian Yg Dilakukan Oleh Gallup International Menunjukkan Bahwa Rata-Rata Eksekutif Ibukota & Asia Kaya Mampu Bertahan 90 Hari Dengan Gaya Hidup Yang Ada Apabila Besok Dia Berhenti Kerja. Setelah Itu Mereka Harus Mulai Menjual Asset Atau Berhutang.

Kaya Adalah Relatif. Sebagian Orang Merasa Kaya Ketika Mempunyai Uang 10 Juta Rupiah. Sebagian Orang Merasa Tidak Kaya Walaupun Sudah Memiliki Uang 10  Milyar. Menurut Majalah Forbes Kaya Adalah Orang Yang Mempunyai Penghasilan 1 Juta US Keatas Setahunnya. Sedangkan Menurut Robert T. Kiyosaki Yang Mengutip Dari Gurunya Buckminster Fuller Bahwa Kaya Adalah Bukan Berapa Besar Active Income Anda Melainkan Kaya Adalah Apabila Passive Income Lebih Besar Dari Biaya Hidup. Yang Dimaksud Passive Income Disini Adalah Uang Yang Masuk Tanpa Harus Bekerja.

Sebagai Perbandingan Mike Tyson, Dia Menghasilkan 300 Juta USD Sewaktu Bertinju, Tapi Hari Ini Bangkrut Dan Masih Berhutang 35 Juta USD. Maka Sebetulnya Mike Tyson Bukan Termasuk Kaya,  Termasuk Pula Di Dalam Kategori Orang Yang Bukan Kaya Adalah Orang-Orang Yang Punya Penghasilan 1 Juta USD/Tahun Namun Pengeluarannya 1,2 Juta USD/Tahun.

Pertanyaan Penting Kali Ini Adalah:

1.)    Bila Besok Anda Berhenti Kerja, Berapa Lama Anda Dapat Bertahan Hidup Dengan Gaya Hidup Anda Sekarang Tanpa Harus Menjual Asset-Asset Anda?

2.)    Lalu Bagaimana Kita Bisa Kaya Menurut Versi Robert T. Kiyosaki Dimana Passive Income Lebih Besar Dari Biaya Hidup?

Jadi Sebetulnya Menurut Robert T. Kiyosaki, Kaya Adalah Bagaimana Menciptakan Passive Income Lebih Besar Dari Biaya Hidup.

Cara Membuat Passive Income:

-          Royalti Dari Hak Cipta
-          Rumah Yang Disewakan/ Dikostkan
-          Saham-Saham Yang Menghasilkan Deviden
-          Reksadana
-          Usaha-Usaha Yang Menghasilkan
-          Dll.

TIPS 2
ATURAN PERTAMA UNTUK MENJADI KAYA ADALAH TAHU PERBEDAAN ANTARA ASSET DAN KEWAJIBAN.

Keterangan:
Definisi Asset Dan Kewajiban Menurut Orang Kaya Versi Robert T. Kiyosaki Berbeda Dengan Definisi Menurut Akuntan Pada Umumnya.

Asset Menurut Robert T. Kiyosaki Adalah Semua Hal Yang Menghasilkan Pemasukan Sedang Kewajiban Menurut Robert T. Kiyosaki Adalah Semua Hal Yang Menyebabkan Pengeluaran.

Rumah Menurut Akuntansi Biasa Adalah Termasuk Asset, Menurut Robert T. Kiyosaki Belum Tentu. Banyak Orang Kelas Menengah Yang Merasa Ketika Mereka Mencicil Rumahnya Menganggap Rumah Mereka Adalah Asset Padahal Bukan, Karena Setiap Bulan Mengakibatkan Pengeluaran Dari Kantong Kita.

Banyak Orang Menengah Mengira Bahwa Ketika Mereka Mempunyai Rumah Lebih Dari Satu Tanpa Perlu Mencicil Lagi Mereka Menganggap Sebagai Asset Padahal Belum Tentu, Selama Rumah Tersebut Setiap Bulan Membebani Atau Menyebabkan Pengeluaran Maka Rumah Tersebut Merupakan Kewajiban.

Ada Juga Orang Yang Salah, Merasa Bahwa Mencicil Rumah Pasti Kewajiban Padahal Belum Tentu, Contoh:

Seseorang Mempunyai Hutang Rp 200 Juta Untuk Membeli Rumah Dan Kemudian Cicilannya Adalah Rp 2 Juta/ Bulan, Kemudian Rumah Tersebut Dikapling Dan Dikostkan Sehingga Menghasilkan Perbulannya Rp 3 Juta/Bulan, Maka Rumah Tersebut Adalah Asset Karena Memberikan Pemasukan Rp 1 Juta Setiap Bulan.

Sebenarnya Masih Lumayan Rumah Yang Dimana Pada Waktu Dicicil Dan Tidak Membawa Pemasukan. Hal Tersebut Merupakan Kewajiban, Sedang Saat Dijual Bila Membawa Keuntungan Maka Menjadi Pemasukan Kemungkinan Hal Ini Jauh Lebih Tinggi Dibanding Bila Orang Mencicil Kendaraan Bermotor Yang Tidak Membawa Pemasukan Waktu Dijual Menjadi Kewajiban Karena Rugi.

Kembali Lagi Orang Kaya Selalu Fokus Bagaimana Menghasilkan Asset Yang Terus Akan Menghasilkan Pemasukan Baik Dengan Atau Tanpa Bekerja.


TIPS 3
  • ORANG MISKIN DAN KELAS MENENGAH BEKERJA UNTUK UANG.
  • ORANG KAYA MEMPUNYAI UANG BEKERJA UNTUK MEREKA.

Keterangan :
            Seringkali Kita Dengar Sebuah Cerita Yang Biasa Terjadi, Orang Menengah Begitu Lulus Sekolah Mereka Bekerja Dan Kemudian Ketika Mereka Menemukan Pasangan Mereka Menikah Dan Karena Dua-Duanya Bekerja Mereka Merasa Cukup Dapat Penghasilan. Untuk Itu Mereka Memberanikan Diri Untuk Mencicil Rumah. Dan Kemudian Datanglah Kabar Gembira Bahwa Yang Perempuan Hamil. Dan Untuk Itu Yang Lelaki Bekerja Lebih Keras Lagi Untuk Menyambut Kehadiran Sang Bayi. Dan Begitu Bayi Lahir Dan Bayi Berikutnya Lahir, Keduanya Termotivasi Untuk Mengejar Uang Lebih Keras Lagi. Waktu Berlalu Dan Mereka Bekerja Dengan Sangat Baik Akhirnya Akhirnya Mereka Berdua Dipromosi Dan Naik Gaji. Dan Ketika Bertambah Bayi Berikutnya Akhirnya Yang Laki-Laki Meminta Sang Istri Berhenti Kerja Untuk Merawat Anak. Dan Sang Suami Bekerja Lebih Keras Lagi Sampai Akhirnya Dipromosi Dan Naik Gaji Lagi. Dan Karena Gaji Cukup Besar Maka Beranilah Mulai Menyicil Mobil. Dan Seiring Anak-Anak Bertambah Besar, Rumah Yang Kecil Tadi Semakin Penuh Sesak Dan Begitu Gaji Besar Maka Mulai Menyicil Rumah Yang Lebih Besar. Dan Ketika Anak-Anak Mulai Besar Maka Mulai Menyicil Mobil Berikutnya. Dan Ketika Karir Melonjak Lebih Bagus Lagi  Karena Diangkat Menjadi Direktur Maka Mulailah Menyicil Rumah Mewah Dan Ada Kolam Renangnya. Terus Dan Terus Sampai Akhirnya Mereka Mati Meninggalkan Hutang. Mereka Seumur Hidup Menjadi Budak Uang.

            Sedangkan Orang Kaya, Mereka Begitu Lulus Atau Bahkan Sebelum Lulus Mereka Bekerja Untuk Mendapatkan Pengetahuan, Uang Dan Kenalan Dimana Akhirnya Uang Bekerja Untuk Mereka. Mereka Menunda Kesenangan, Mengumpulkan Uang, Pengetahuan Dan Kenalan Kemudian Mereka Menginvestasikan Ketiganya Tadi Sehingga Uang Bekerja Untuk Mereka Dengan Atau Tanpa Bekerja.

Contoh :

Mereka Menyisihkan Uangnya Dan Menggunakan Pengetahuan Serta Kenalannya Untuk Mendapatkan Usaha-Usaha Yang Menghasilkan Uang Tanpa Harus Terlibat Terlalu Banyak. Mungkin Mereka Akan Invest Ke Kost Kost An, Sarang Burung Wallet, Reksadana, Saham Yang Menghasilkan Deviden, Royalty Dan Ketika Pasif Income-Nya Jauh Lebih Besar Daripada Gaya Hidupnya, Mereka Aman Dalam Arti Yang Sesungguhnya.

Pertanyaannya :

Kalau Anda Berhenti Kerja Sekarang, Berapa Lama Anda Akan Bertahan Hidup ?

TIPS 4
  • ORANG KAYA MEMBELI ASSET.
  • ORANG MISKIN HANYA MEMPUNYAI PENGELUARAN, KELAS MENENGAH MEMBELI KEWAJIBAN YANG MEREKA PIKIR ADALAH ASSET.



Tidak Perduli Berapa Penghasilan Anda Bila Semuanya Masuk Kedalam Kolom Pengeluaran Maka Anda Termasuk Orang Miskin.

Misalkan Si A Memiliki Penghasilan Rp 50 Juta Sebulan, Yang Jelas Menurut Rata-Rata Ukuran Orang Indonesia Orang Ini Sangat Kaya, Misalnya Ternyata Si A Memiliki Pengeluaran Per Bulan Sbb:

-          Pajak 30%  = Rp 15 Juta

-          Sewa Apartment USD 2000   = Rp 16 Juta / Bulan

-          Seminggu 3 X Ke Café Untuk Clubbing @ Rp 500 Ribu   = Rp 6 Juta / Bulan

-          Beli Pakaian     = Rp 3 Juta / Bulan

-          Asuransi Mobil   = Rp 1 Juta / Bulan
-          Tagihan Telpon  = Rp 2 Juta / Bulan
-          Golf (Keanggotaan Green Fee & Caddy)  = Rp 3 Juta / Bulan
-          Makan, Listrik, Air, Fitness   = Rp 4 Juta / Bulan

Total                = Rp 50 Juta / Bulan

Contoh Orang Menengah, Misal Si B Memiliki Pemasukan Rp 20 Juta Per Bulan

Pengeluaran :
- Pajak 30%       = Rp 6 Juta
- Makan, Listrik, Air, Bensin   = Rp 3 Juta
- Asuransi Mobil   = Rp 1 Juta
- Tagihan Telpon   = Rp 1,5 Juta
- Keanggotaan Golf     = Rp 1,5 Juta
- Bayar Driver + Pembantu      = Rp 1,5 Juta

Kewajiban :

- Cicilan Rumah    = Rp 3 Juta
- Cicilan Mobil    = Rp 2 Juta
- Cicilan Elektronik       = Rp 500 Ribu
-----------------------------------------------------
 Total                = Rp 20 Juta / Bulan
Contoh Orang Kaya, Misal Si C Memiliki Pemasukan Rp 10 Juta / Bulan.

Pengeluaran :
- Pajak 30%     = Rp 3 Juta
- Makan, Listrik, Air, Bensin    = Rp 2 Juta
- Tagihan Telpon    = Rp 500 Rb
- Tabungan     = Rp 1 Juta
- Reksadana     = Rp 1 Juta
- Cicilan Kost Kost-An   = Rp 2,5 Juta

- Hasil Pemasukan Dari Tabungan Yang Terus Digulung Dan Ditambah Rp 1 Juta / Bulan Terus Meningkat Dengan Asumsi Bunga Nett 7 % Dalam Waktu 30 Tahun Menghasilkan Rp 1,005,828,387.5

- Reksadana Dalam Waktu 30 Tahun Dengan Tingkat Suku Bunga 12% Net Rp 2,400,345,849.1

- Kemudian Kost Kost-An Setiap Bulan Menghasilkan Rp 4 Juta Berarti Setelah Dipotong Cicilan Rp 2,5 Juta Menghasilkan Rp 1,5 Juta Dan Uang Ini Digulungkan Kedalam Kost Kost-An Sejenis Dengan Return Menghasilkan 15% Per Tahun Selama 30 Tahun.

Rp 6.265.961.960,00

- Berarti Ketika Orang Tersebut Mencapai Umur 60 Tahun, Maka Orang Ini Mempunyai Passive Income {(1,005,828,387.5 + 2,400,345,849.1 + 6.265.961.960,00)} X 12% = Rp 1.160.656.343,6 / Tahun Atau Rp 96.721.361,9  (Asumsi Bunga Nett / Return Tetap, Dan Jumlah Uang Yang Diasosiasikan Tetap).


TIPS 5
KENAPA ORANG KAYA SEMAKIN KAYA, KELAS MENENGAH BERGUMUL TERUS, DAN YANG MISKIN BABLAS MISKIN.

Kenapa Orang Kaya Semakin Kaya, Karena Begitu Orang Kaya Penghasilannya Bertambah Besar Maka Gaya Hidupnya Sementara Tetap (Menunda Kesenangan). Penghasilan Yang Lebih Ini Diinvestasikan Kedalam Asset (Beli Saham Yang Menghasilkan Deviden, Rumah Kost Kost-An, Ruko Yang Dikontrakkan, Mall Yang Disewakan, Sarang Walet, Usaha-Usaha Yang Menghasilkan, Dll). Sedemikian Sehingga Penghasilan Mereka Bertambah Besar. Dan Ketika Penghasilan Mereka Bertambah Besar Lagi, Mereka Investasikan Lagi Ke Dalam Asset Tersebut Diatas, Sehingga Semakin Kaya Dan Semakin Kaya Lagi.

 Kenapa Orang Menengah Bergumul Terus Secara Financial? Ketika Orang Menengah Penghasilannya Bertambah Besar Maka Dia Mencicil Rumah Yang Lebih Besar, Mobil Yang Lebih Besar, Handphone Yang Lebih Canggih, Komputer Yang Lebih Modern, Televisi Yang Lebih Besar, Audio Yang Lebih Canggih Dan Banyak Sekali Uang Untuk Kewajiban Sehingga Masuk Kedalam Pengeluaran. Orang Menengah Ini Bisa Memiliki Rumah Yang Besar, Mobil Yang Besar Tapi Tidak Mempunyai Uang Yang Bekerja Untuk Dia. Dan Seumur Hidupnya Menjadi Budak Uang Karena Membayar Cicilan Semakin Besar Seumur Hidupnya.

Kenapa Orang Miskin Bablas Miskin ?
Orang Miskin Tidak Perduli Seberapa Besar Pun Penghasilannya Semua Akan Masuk Ke Pengeluaran.
Contoh :
Orang Miskin Begitu Penghasilannya Bertambah Besar Mereka Beli TV Yang Besar, Beli Jamnya Yang Mahal, Beli Hp Yang Lebih Baru, Beli Baju Mahal, Makan Di Restoran Mewah, Ikut Keanggotaan Fitness, Ikut Asuransi Yang Tidak Perlu, Dll.
Pertanyaannya :
Bila Penghasilan Anda Bertambah Besar, Anda Belikan Apa? Hal-Hal Yang Menghasilkan Uang Lagi Atau Hal-Hal Yang Menghabiskan Uang. Silahkan Dijawab, Anda Yang Tahu Termasuk Golongan Manakan Anda?


TIPS 6
BEKERJA UNTUK BELAJAR, JANGAN BEKERJA UNTUK UANG. (ROBERT T. KIYOSAKI)

Keterangan :

-          Sebagian Orang Begitu Lulus Sekolah Mereka Bekerja Dan Tidak Pernah Belajar Lagi. Mereka Terjebak Rutinitas Kerja Mencari Uang Dan Tidak Pernah Berkembang.

-          Sebagian Orang Bekerja Sambil Belajar Dengan Tujuan Agar Memiliki Keterampilan Tinggi Dan Naik Gaji. Mereka Semakin Gaji Naik Dan Pilihannya Semakin Hilang Karena Mereka Berkompeten Disatu Bidang .

-          Hanya Sebagian Kecil Orang Yang Bekerja Untuk Belajar Menjadi Kaya Dan Sukses.

Bila Menyangkut Soal Uang, Satu-Satunya Keterampilan Yang Paling Diketahui Oleh Banyak Orang Adalah Bekerja Keras, Sebetulnya Menurut Robert Kiyosaki Mereka Butuh Satu Keterampilan Lagi Untuk Menjadi Kaya Yaitu Keterampilan Menjual.

Sedangkan Untuk Lebih Lengkapnya Kita Harus Melengkapi Kecerdasan Financial Kita Dengan Sinergi Dari 4 Keterampilan Teknis Sebagai Berikut :

  • Akuntansi
  • Investasi
  • Pemasaran
  • Hukum
Dan Dikatakan Juga Oleh Robert T. Kiyosaki Keterampilan Manajemen Utama Yang Dibutuhkan Untuk Sukses Adalah :

  • Manajemen Arus Kas
  • Manajemen Sistem (Termasuk Diri Anda Dan Waktu Bersama Keluarga)
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Sedang Keterampilan Spesial Yang Paling Penting Menurut Robert T. Kiyosaki Adalah Penjualan Dan Pemasaran.

Keterampilan Penjualan Dan Pemasaran Itu Sulit Bagi Sebagian Orang Karena Mereka Takut Ditolak. Semakin Baik Anda Dalam Berkomunikasi, Bernegosiasi Dan Menangani Ketakutan Anda Akan Penolakan Semakin Mudah Hidup Ini Dijalani.

Sebagai Tambahan Untuk Menjadi Pembelajar, Penjual Dan Pemasar Yang Baik, Kita Perlu Menjadi Guru Dan Sekaligus Murid Yang Baik. Untuk Menjadi Sungguh-Sungguh Kaya, Kita Harus Mampu Untuk Memberi Dan Sekaligus Menerima.

Banyak Orang Yang Miskin Karena Mereka Bukan Murid Yang Baik Dan Juga Bukan Guru Yang Baik.



TIPS 7
THE CASHFLOW QUADRANT

EMPAT CARA MENGHASILKAN UANG
Keterangan:
Employee Dan Self Employee Adalah Orang  – Orang Yang Mengutamakan Keamanan. Business Owner Dan Investor Adalah Orang – Orang Yang Mengutamakan Kebebasan.

Perbedaan Antara Self Employee Dengan Business Owner Adalah Self Employee Tidak Bisa Ditinggal Dan Selalu Memerlukan Orang Tersebut.

Sedangkan Ciri – Ciri True Business Owner Adalah Walau Ditinggal Pemiliknya Selama Satu Tahun, Bisnisnya Tetap Menguntungkan Dan Berkembang.

Orang Bisa Kaya Dan Miskin Di Empat Kwadran Tersebut.

Untuk Menjadi Lebih Aman Secara Finansial Mestinya Dua Kaki Lebih Baik Dari Satu. Selain Melakukan Pekerjaan Di Kuadran E Atau S. Para Individu Sebaiknya Belajar Tentang Kuadran B Dan I.

Demikian Juga Apabila Employee Dan Self-Employee Sakit Maka Income Akan Terganggu. Sedangkan, Pemilik Bisnis Dan Investor, Bisnis Dan Investasinya Menjadi Asset Yang Terus Menghasilkan Pemasukan Dengan Atau Tanpa Bekerja.

Sebenarnya Semua Orang Yang Mempunyai Rekening Di Bank Boleh Dikatakan Investor,  Karena Banknya Akan Menghasilkan Bunga. Menurut Robert Kiyosaki Menabung Di Bank Adalah Investasi Yang Paling Menyedihkan, Kenapa? Seperti Kondisi Saat Ini Bunga Bank Hanya Sekitar 5 – 6%, Sedangkan Inflasi Sekitar 7%, Jadi Sebenarnya Uangnya Akan Berkurang Bukan Bertambah.

Menurut Robert Kiyosaki Rata-Rata Orang Kaya Memperoleh 70% Dari Sisi Kanan Cashflow Quadrant Plus 30% Dari Sisi Kiri. Tidak Peduli Berapa Banyak Uang Yang Dihasilkan Seseorang, Mereka Akan Merasa Lebih Aman Jika Beroperasi Di Lebih Dari Satu Kuadran.

Keamanan Finansial Berarti Mempunyai Pijakan Yg Kuat Di Kedua Sisi Cashflow Quadrant. Jalan Yang Disarankan Oleh Robert Kiyosaki Baik Dari E Ataupun S Lebih Baik Orang Masuk Ke B Lebih Dahulu Karena Pengalaman Dan Pendidikan, Jika Sukses Sebagai Seorang B Maka Kita Akan Mendapatkan Kesempatan Menjadi I Yang Kuat, Karena I Akan Menambah Uangnya Di B Karena Sudah Pernah Menjadi B Maka Kita Bisa Mengenali B Yang Lain Yang Lebih Bagus. Sangat Beresiko Berinvestasi Pada Seorang E Atau S Yang Tidak Mengetahui Perbedaan Antara Sebuah Sistem Dengan Produk Atau Yang Tidak Mempunyai Ketrampilan Kepemimpinan Yang Baik.

Kenapa Menjadi B Lebih Dahulu? Pertama Karena Pendidikan Dan Kedua Karena Cashflow.
Jika Memiliki Bisnis Yang Berjalan Dengan Baik Maka Kita Akan Mempunyai Waktu Luang Dan Uang Untuk Berinvestasi Di Kuadran I Dengan Baik.


TIPS 8
BAGAIMANA MENJADI KAYA
Bagaimana Berhasil Menjadi “B” (True Business Owner).
Seperti Yang Diceritakan Pada Media Indonesia Kemarin Untuk Salah Satu Tes Apakah “B” Memiliki Business Sesungguhnya Atau “S” (Self Employee) Adalah Bila Bisnis Tadi Kita Tinggal Satu Tahun Bisnis Tadi Bertambah Besar Atau Rugi, (Bisakah Anda Meninggalkan Bisnis Anda Selama Satu Tahun Atau Lebih Dan Saat Kembali Menemukannya Lebih Menguntungkan Serta Berjalan Dengan Baik Daripada Ketika Anda Pergi?).

-          Bagaimana Bisnis Kita Berkembang Dengan Atau Tanpa Kita ?
Untuk Berhasil Menjadi “B” Diperlukan :

Pengendalian Sistem.
Kemampuan Memimpin Orang.
(Robert T. Kiyosaki)

-          Banyak Orang Merasa Bahwa Yang Paling Penting Adalah Produk Atau Jasanya. Ini Tidak Mutlak Benar.
-          Jutaan Orang Bisa Membuat Burger Lebih Enak Dari Mc. Donald Tapi Hanya Mc. Donald Yang Mempunyai System Yang Telah Menyajikan Milyaran Burger.
-          Menurut Saya Ada 3 Sistem Yang Diperlukan Untuk Membuat Perusahaan Menjadi Dahsyat :

Sistem Sumber Daya Manusia Termasuk Pembinaan, Reward Dan Punishmentnya.
Sistem Kontrol (Kontrol Arus Kas, Kontrol Kedisiplinan, Kontrol Keuangan , Administrasi, Dll).
Sistem Marketingnya.
-          Sistem Adalah Urut-Urutan Kerja Yang Logis Dan Menghasilkan.

Untuk Memilih Orang-Orang Yang Tepat Menurut Saya Ada 3 Kualitas Yang Diperlukan, Yaitu :

  • Passion
  • Integrity
  • Skill




TIPS 9
TIGA SISTEM BISNIS YANG MEMBUAT KITA BEBAS

Tiga Jenis Sistem Bisnis :
  1. Perusahaan Tradisional
  2. Bisnis Waralaba
  3. Pemasaran Jaringan

Untuk Membedakan Bahwa Kita Pemilik Bisnis Sesungguhnya Atau Self Employee Adalah Bila Bisnis Milik Kita Tersebut Kita Tinggal Selama Satu Tahun Maka Bisnis Tersebut Masih Menguntungkan Dan Berkembang Berarti Kita Sebagai Pemilik Sesungguhnya Dan Bisnis Tersebut Jalan Dengan Atau Tanpa Kita.

Menurut Robert Kiyosaki Ada 3 Jenis Sistem Yang Membuat Kita Bisa Mendapatkan Passive Income Tanpa Kita Harus Bekerja Untuk Selama-Lamanya :

Pertama, Sistem Tradisional Adalah Dimana Anda Mengembangkan Sistem Anda Sendiri. Untuk Mengembangkan  Sistem Bisnis Sendiri Kita Harus Mempunyai Pembimbing. Pembimbing Adalah Seseorang Yang Sudah Melakukan Apa Yang Anda Ingin Lakukan Dan Berhasil Dalam Melakukannya. Jangan Mencari Penasehat, Penasehat Adalah Orang Yang Memberi Tahu Cara Melakukan Tapi Dia Sendiri Belum Melakukannya.

Kedua, Bisnis Waralaba. Cara Lain Mempelajari Sistem Adalah Dengan Membeli Sebuah Usaha Waralaba. Dengan Membelinya Anda Sudah Membeli Sebuah Sistem Yang Sudah Berjalan, Sudah Dicoba Serta Sudah Terbukti. Jika Membeli Sebuah Sistem Waralaba Jadilah Seorang Employee “E”. Lakukan Persis Seperti Yang Mereka Katakan. Jangan Menjadi Self Employee “S” Atau Orang Yang Ingin Melakukan Dengan Cara Mereka Sendiri.

Ketiga, Pemasaran Jaringan. Juga Disebut Sebagai Multilevel Atau Sistem Distribusi Langsung. Dimana Anda Membeli Dan Menjadi Bagian Sebuah Sistem Yang Sudah Ada.

Untuk Mengikuti Bisnis Jaringan Atau Waralaba Yang Bagus Menurut Robert Kiyosaki :

Merupakan Organisasi Yang Telah Terbukti Baik Dan Mempunyai Catatan Prestasi Yang Bagus Serta Sistem Distribusi Dan Program Kompensasi Yang Sudah Sukses Selama Bertahun-Tahun.
Mempunyai Peluang Bisnis Yang Bisa Berhasil Anda Jalankan, Yang Bisa Anda Percayai, Dan Bisa Anda Bagi Dengan Penuh Keyakinan Dengan Orang Lain.
Mempunyai Program Pendidikan Jangka Panjang Yang Terus Berlangsung Yang Bertujuan Mengembangkan Anda Sebagai Manusia. Rasa Percaya Diri Mutlak Diperlukan Disisi Kanan Quadrant.
Mempunyai Program Bimbingan Yang Kuat. Anda Ingin Belajar Dari Para Pemimpin, Bukan Penasihat. Orang-Orang Yang Sudah Menjadi Pemimpin Disisi Kanan Quadrant Dan Yang Ingin Anda Berhasil.Mempunyai Orang-Orang Yang Anda Hormati Dan Sukai.

TIPS 10
KEYAKINAN ORANG YANG KAYA

Ayah Miskin Saya Mengatakan,

“Cinta Akan Uang Adalah Akar Dari Segala Kejahatan.”
Ayah Kaya Saya Mengatakan,
“Kekurangan Uang Adalah Akar Dari Segala Kejahatan.”
(Robert T. Kiyosaki)

Otak Manusia Secara Mendasar Hanya Mencari Nikmat Menghindari Sengsara. Apabila Sesuatu Hal Dikaitkan Kesengsaraan Maka Kita Akan Jauhi, Apabila Sesuatu Hal Dikaitkan Dengan Kenikmatan Akan Kita Dekati, Apabila Campur Baur Satu Hal Yang Sama Antara Kenikmatan Dan Kesengsaraan Maka Otak Kita Jadi Bingung Atau Netral.

Seperti Besi Atau Magnet, Apabila Keyakinan Bercampur Baur Kutub Positif Dan Negatifnya Terhadap Sesuatu Hal Maka Akan Menjadi Besi. Ketika Kita Yakin Bulat Bahwa Kaya Positif Miskin Negatif Maka Kita Akan Menjadi Magnet.

Pada Kenyataannya Banyak Orang Tidak Pernah Menyusun Keyakinannya Secara Sadar Dari Lahir Sampai Mati. Dan Bila Kita Tidak Menyusun Sendiri Secara Sadar Keyakinan Yang Kita Perlukan Untuk Menjadi Kaya Seperti Kita Terjajah Tanpa Sadar Oleh Kata-Kata “Uang Adalah Akar Dari Segala Kejahatan” Maka Tanpa Sadar Pula Kita Tidak Menjadi Kaya Karena Kita Tidak Ingin Menjadi Jahat.

Mestinya Saran Saya, Mari Kita Susun Ulang Lagi Keyakinan Kita Atau Susunan Kata Kita Tentang Uang Ataupun Tentang Kaya. Kita Harus Bulat Bahwa Kaya Dan Banyak Uang Baik Adanya. Contoh Merubah Keyakinan :

  1. Keyakinan Lama
  2. Keyakinan Baru

- Uang Tidak Dibawa Mati
- Uang Banyak Bisa Menolong Orang Yang Hampir Mati.
- Betul Uang Memang Tidak Dibawa Mati Makanya Jauh Lebih Baik Meninggalkanwarisan Banyak Daripada Tidak Meninggalkan Apa-Apa.
- Uang Tidak Bisa Membeli Cinta
- Betul Uang Tidak Bisa Membeli Cinta, Apalagi Tidak Punya Uang Sama Sekali.
- Betul Uang Tidak Bisa Membeli Cinta, Tapi Cinta Saya Akan Jauh Lebih Indah Bila Uang Saya Banyak
- Uang Tidak Menyelesaikan Masalah
- Betul Uang Tidak Menyelesaikan Masalah, Tapi Dengan Uang Saya Yang Banyak Saya Bisa Menyelesaikan Masalah Dengan Gaya Yang Tersendiri.
- Uang Membuat Orang Jadi Tidak Bersaudara Karena Rebutan Warisan/Rezeki.
- Kurang Uang Adalah Yang Membuat Orang Rebutan Warisan.

Sudahkah Anda Susun Sendiri Keyakinan-Keyakinan Anda Yang Sangat Diperlukan Untuk Menjadi Kaya?


TIPS 11
MEMBANGUN KOLOM ASSET


Hal Yang Terbaik Soal Uang Adalah Ia Bekerja 24 Jam Sehari Dan Dapat Bekerja Untuk Beberapa Generasi. Begitu Dollar Masuk Kedalam Asset Saya, Ia Menjadi Karyawan Saya Dan Tidak Saya Biarkan Keluar.
(Robert T. Kiyosaki)

Keterangan :
Yang Dimaksud Asset Riil Bagi Robert Kiyosaki Bukan Kekayaan Bersih Seperti Yang Diajarkan Dalam Metoda Akuntansi Melainkan Sesuatu Hal Yang Menaruh/Memasukkan Uang Kedalam Saku Kita.

Contoh Asset :
  1. Bisnis Yang Tidak Menuntut Kehadiran Kita
  2. Saham
  3. Surat Obligasi
  4. Dana Bersama
  5. Real Estate Yang Menghasilkan Pemasukan
  6. Surat Utang
  7. Royalti Dari Property Intelektual Seperti Musik, Karya Tulis, Hak Paten.
  8. Dan Segala Sesuatu Yang Mempunyai Nilai, Menghasilkan Pemasukan, Dan Mempunyai Pasar Yang Siap.
Robert Kiyosaki Tidak Mendorong Siapapun Untuk Memulai Sebuah Perusahaan, Kecuali Mereka Sungguh-Sungguh Ingin Dan Mau. Dan Menekankan Pentingnya Memahami Akuntansi, Manajemen Uang Dan Ilmu Menjual Serta Mendorong Orang Untuk Mendapatkan Asset Yang Dia Sukai, “Jika Kamu Tidak Menyukai, Kamu Tidak Akan Memeliharanya.”

Rintangan Dalam Memiliki Bisnis, 80% Dari Semua Usaha Yang Didirikan Mati Ditahun Pertama, Sisanya Yang 20% Hidup Di Tahun Pertama Tadi 80% Nya Mati Di Empat Tahun Berikutnya. Jadi, Dalam 5 Tahun Pertama Hanya Tinggal 4% Yang Hidup.

Robert Kiyosaki Tidak Merekomendasikan Anda Untuk Mempunyai Bisnis Sendiri Kecuali Hanya Jika Anda Sungguh-Sungguh Mempunyai Hasrat Untuk Mempunyai Perusahaan Sendiri. Yang Dimaksud Robert Kiyosaki Untuk Urus Dan Jalankan Bisnis Anda Sendiri Adalah Membangun Dan Menjaga Kolom Asset Anda Agar Tetap Kokoh. Teruskanlah Pekerjaan Harian Anda, Jadilah Karyawan Yang Bekerja Keras Dan Bagus Tetapi Teruslah Membangun Kolom Asset Itu (Sesuai Dengan Contoh Asset-Asset Diatas Bukan Hanya Bisnis Sendiri).

Ketika Arus Kas Anda Tumbuh, Anda Dapat Membeli Beberapa Barang Mewah. Perbedaan Penting Adalah Bahwa Orang Kaya Membeli Barang Mewah Belakangan (Bukan Prioritas Utama), Sementara Orang Miskin Dan Kelas Menengah Cenderung Membeli Barang Mewah Lebih Dulu (Prioritas Pertama). Orang Miskin Dan Kelas Menengah Sering Kali Membeli Barang Mewah Seperti Rumah Besar, Berlian, Pakaian Dari Bulu Binatang, Perhiasan, Atau Kapal Pesiar Karena Mereka Ingin Kelihatan Kaya, Tetapi Dalam Kenyataannya Mereka  Hanya Semakin Terperosok Dalam Utang Dengan Kredit. Orang Yang Berlimpah Uang, Orang Kaya Jangka Panjang, Membangun Kolom Asset Mereka Dulu. Kemudian, Pemasukan Yang Dihasilkan Dari Kolom Asset Dipakai Untuk Membeli Barang Mewah. Orang Miskin Dan Kelas Menengah Membeli Barang Mewah Lebih Dulu Dengan Keringat Dan Darah Mereka Sendiri Dan Dengan Warisan Anak-Anak Mereka.

Marilah Kita Membangun Kolom Asset Kita Mulai Sekarang!


TIPS 12

IQ FINANSIAL
UNTUK MENJADI KAYA KITA PERLU MENINGKATKAN IQ FINANCIAL.
(ROBERT T. KIYOSAKI)

IQ Finansial Menurut Robert Kiyosaki Mencakup 4 Bidang Yang Luas :
  1. Akuntansi
  2. Investasi
  3. Mengerti Faktor Pasar
  4. Hukum
  5. Akuntansi
Inilah Yang Robert Kiyosaki Sebut Melek Finansial. Keterampilan Penting Jika Anda Ingin Membangun Imperium Bisnis. Semakin Banyak Uang Yang Menjadi Tanggung Jawab Anda, Semakin Dibutuhkan Keakuratan, Atau Rumah Itu Akan Ambruk. Ini Adalah Otak Bagian Kiri, Atau Detail-Detail. Melek Finansial Adalah Kemampuan Untuk Membaca Dan Memahami Laporan Finansial. Kemampuan Ini Mengizinkan Anda Untuk Mengenali Kekuatan Dan Kelemahan Bisnis Apapun.

Investasi
Ini Yang Robert Kiyosaki Sebut Ilmu Pengetahuan Tentang Uang Yang Menghasilkan Uang. Ini Mencakup Strategi Dan Formula. Ini Adalah Otak Bagian Kanan, Atau Sisi Kreatif.

Mengerti Faktor Pasar
Menurut Saya Pribadi, Kita Harus Mengetahui Bahwa Pasar Seringkali Digerakkan Oleh Perasaan Atau Emosi (Fear & Greedy). Kemudian Faktor Pasar Yang Lainnya Adalah Pengertian Ekonomis Akan Investasi, Apakah Investasi Masuk Akal Atau Tidak Masuk Akal Berdasarkan Pada Kondisi-Kondisi Pasar Yang Sekarang. Untuk Memahami Faktor Pasar Juga Kita Harus Memahami Hokum Penawaran Dan Permintaan.

Seperti Misalnya Pada Awal Tahun 90-An Ketika Banyak Perusahaan Go Public, Banyak Sekali Orang Yang Beli Saham Karena Alasan Emosionil, Bukan Alasan Ekonomi Investasi Jangka Panjang. Begitu Banyaknya Orang Antri Berbondong-Bondong Untuk Mendapatkan Saham Perdana Dengan Perhitungan Akan Untung Dalam Jangka Pendek Tanpa Menghitung Apakah Harga Saham Perdana Tersebut Masuk Akal Atau Tidak. Memang Benar Bila Dilepas Jangka Pendek Mereka Akan Untung. Tapi Pada Prakteknya, Banyak Orang Merasa Untung Tapi Tidak Untung Sesungguhnya Karena Mereka Tidak Jual Ketika Untung Dan Ketika Harga Turun Mereka Tidak Berani Jual Karena Takut Rugi Dan Disimpan Sampai Hari Ini Dengan Sakit Hati. Dan Siapa Yang Untung Dalam Situasi Tersebut? Adalah Orang-Orang Yang Memahami Hukum Pasar Dan Mereka Yang Berjualan Saham.
Contoh Lain Ketika Demam Pencarian Emas Di Amerika, Siapa Yang Kaya? Adalah Orang-Orang Yang Menjual Alat-Alat Pertambangan Emas Dan Celana Jeans Yang Kuat Untuk Para Penambang.

Orang-Orang Yang Kaya Adalah Orang-Orang Yang Bisa Mengenali Permintaan Pasar Atau Menciptakan Pasar Sendiri.

Hukum
Misalnya, Memanfaatkan Korporasi Yang Dibungkus Dengan Keterampilan Teknis Tentang Akuntansi, Investasi, Dan Pasar Dapat Membantu Pertumbuhan Yang Luar Biasa. Orang Dengan Pengetahuan Tentang Keuntungan Dan Perlindungan Pajak Yang Disediakan Oleh Sebuah Korporasi Dapat Menjadi Kaya Dengan Jauh Lebih Cepat Daripada Orang Yang Cuma Menjadi Karyawan Atau Pemilik Tunggal Sebuah Bisnis Kecil. Ini Seperti Perbedaan Antara Seseorang Yang Berjalan Kaki Dengan Yang Terbang. Perbedaan Itu Sangat Besar Bila Menyangkut Kekayaan Jangka Panjang.
Sudahkah Anda Mengasah Kecerdasan IQ Finansial Anda?

TIPS 13
INVESTASI DALAM PENDIDIKAN
PERTAMA-TAMA BERINVESTASILAH DALAM PENDIDIKAN. (Robert T. Kiyosaki)

Dikatakan Oleh Robert T. Kiyosaki Bahwa Kita Mempunyai Kekuatan Pilihan Tentang Apa Yang Kita Letakkan Dalam Otak Kita. Apabila Sebagian Besar Waktu Kita Gunakan Untuk Hal-Hal Yang Penting Maka Kita Akan Menghasilkan Hal-Hal Yang Penting. Apabila Sebagian Besar Waktu Kita Curahkan Untuk Hal-Hal Yang Tidak Penting, Maka Kita Akan Mendapatkan Hal-Hal Yang Tidak Penting Juga. Kita Bisa Memilih Melihat TV Sepanjang Hari (Sinetron Sepanjang Hari) Atau Menghadiri Kelas Perencanaan Finansial, Bisakah Anda Bayangkan Bila Kita Mencurahkan Waktu 2000 Jam Setahun (Waktu Yang Sangat Banyak) Untuk Menonton Film Kartun, Jadi Apakah Kita?….(Seperti Kartun!!).

Dalam Kenyataannya, Satu-Satunya Aset Nyata Yang Kita Miliki Adalah Pikiran Kita, Alat Yang Paling Kuat Dan Melekat Di Diri Kita. 90% Penduduk Membeli TV Tapi Hanya 10% Yang Membeli Buku, Kaset-Kaset Tentang Investasi. Kebanyakan Orang Lebih Memilih Membeli Investasi Daripada Berinvestasi Lebih Dulu Dalam Belajar Cara Berinvestasi.

Robert Kiyosaki Menginvestasikan US$ 385 Untuk Mengikuti Seminar 3 Hari Tentang Bagaimana Membeli Real Estate Tanpa Uang Muka Sama Sekali Di Tahun 1973, Dan Seminar Itu Menghasilkan US$ 2 Juta. Dan Karena Satu Seminar Tersebut, Robert Kiyosaki Tidak Perlu Bekerja Selama Sisa Hidupnya. Rata-Rata Orang Kalau Ditanya Mana Yang Menghasilkan Uang Lebih Banyak? Leher Keatas Atau Leher Kebawah? Sebagian Besar Menjawab Leher Keatas, Tapi Ketika Mereka Ditanya Berapa Besar Dana, Waktu, Tenaga, Pikiran Yang Dicurahkan Untuk Investasi Leher Keatas, Mereka Bilang Sangat Sedikit Atau Tidak Pernah Sama Sekali.

Saya Pribadi Terus Investasi (Beli Buku, Kaset, Seminar) Untuk Terus Meningkatkan Diri Dan Merupakan Komitmen Pribadi Untuk Constant And Never Ending Improvement. Buku Yang Paling Mahal Yang Pernah Saya Beli, Satu Buku Harganya US$400, Dari Buku Ini Menghasilkan Puluhan Ribu Dollar Dan Masih Berlanjut. Seminar Paling Mahal Yang Pernah Saya Hadiri Adalah US$ 13.500, Dari Seminar Ini Merubah Semua Arah Dari Hidup Saya, Dan Menghasilkan Ratusan Ribu Dollar Dan Masih Berlanjut.

Apabila Anda Ingin Merubah Hidup, Ada 2 Hal Yang Akan Merubah Hidup Anda, Yaitu :
  1. Apapun Yang Dimasukkan Dalam Otak Kita.
  2. Siapa Yang Kenal Kita.
TIPS 14
MEMILIH TEMAN DENGAN HATI-HATI

Dengan Siapa Anda Menghabiskan Waktu, Itulah Masa Depan Anda.
(Robert T Kiyosaki)

Robert Kiyosaki Pernah Mengikuti Sebuah Seminar 22 Tahun Yang Lalu Dimana Instrukturnya Meminta Robert Menuliskan Enam Nama Orang Yang Paling Sering Melewatkan Waktu Bersama Robert. Kemudian Instruktur Tersebut Menulis Dan Mengumumkan, “Kalian Sedang Menatap Masa Depan Kalian, Keenam Orang Yang Paling Sering Meluangkan Waktu Bersama Kalian Adalah Masa Depan Kalian.”

Sekarang Silahkan Anda Melakukan Tugas Yang Sama, Tulis Enam Orang Yang Paling Sering Dengan Kalian. Mungkin Tidak Selalu Teman Anda, Mereka Mungkin Rekan Kerja, Pasangan Hidup, Anak-Anak, Kelompok Agama, Atau Kelompok Sosial Anda. Saya Pribadi Waktu Mengerjakan Tugas Ini 6 Tahun Yang Lalu, Daftar Nama Saya Didominasi Rekan Kerja. Sekarang Setelah 6 Tahun Berlalu, Kelima Orang Lain Dalam Daftar Saya Yang Dulu Masih Menjadi Teman Baik Saya, Tapi Kami Jarang Ketemu. Mereka Orang-Orang Yang Menyenangkan Dan Mereka Hidup Bahagia Dengan Hidup Mereka. Perubahan Saya Hanya Melibatkan Diri Saya, Saya Ingin Merubah Masa Depan Saya. Supaya Berhasil Mendapatkannya, Saya Harus Merubah Cara Berfikir Saya Dan Sebagai Akibatnya Juga Merubah Orang-Orang Yang Menghabiskan Waktu Bersama Saya.

Menurut Saya Pribadi, Kesuksesan Kita Sangat Tergantung 2 Hal :

Apapun Yang Dimasukkan Dalam Otak Kita.
Siapa Yang Kenal Kita.
Robert Kiyosaki Dan Saya Tidak Memilih Teman-Teman Berdasarkan Keadaan Finansial Mereka. Kami Memilih Teman-Teman Yang Nyata-Nyata Berkaul Kemiskinan Dan Juga Teman Yang Menghasilkan Jutaan Dollar Setiap Tahun. Maksud Saya, Kami Belajar Dari Mereka Semua Dan Secara Sadar Kami Berusaha Untuk Belajar Dari Mereka. Kami Akui Bahwa Ada Orang Yang Saya Cari Karena Mereka Mempunyai Uang. Tetapi Saya Tidak Mengejar Uang Mereka, Saya Mencari Pengetahuan Mereka. Dalam Beberapa Kasus Orang-Orang Yang Mempunyai Banyak Uang Itu Menjadi Sahabat Baik, Tetapi Tidak Semuanya. Kami Juga Belajar Dari Teman-Teman Kami Yang Bergumul Secara Finansial, Kami Belajar Apa Yang Tidak Boleh Kami Lakukan.

Banyak Orang Datang Ke Tempat Teman-Teman Yang Kaya, Tapi Mereka Datang Untuk Mencari Satu Atau Dua Hal Atau Kedua-Duanya, Yaitu :
  1. Pinjaman/Hutang
  2. Pekerjaan
Mereka Tidak Pernah Datang Kepada Teman Yang Kaya Untuk Bertanya Bagaimana Mereka Bisa Kaya.

Sudahkah Anda Memilih Teman-Teman Yang Anda Ingin Menjadi..?
Temukan Seseorang Yang Telah Melakukan Apa Yang Ingin Anda Lakukan, Ajaklah Mereka Makan Siang, Mintalah Nasehat Kepada Mereka Bagaimana Cara Mereka Menjadi Sukses.













TIPS 15
UANG ADALAH SEBUAH IDE
UANG ADALAH SEBUAH IDE. (Robert T. Kiyosaki)

Zaman Dahulu Ketika Satu Kelompok Orang Beternak Ayam, Dan Ketika Mereka Ingin Mendapatkan Ikan Maka Mereka Akan Pergi Kepada Orang-Orang Yang Memiliki Ikan Sambil Membawa Ayamnya Untuk Ditukarkan Dengan Ikan (Barter). Kemudian Ketika Zaman Semakin Maju, Mereka Memakai Kerang Untuk Alat Tukar. Kemudian Mereka Menggunakan Tembaga Dan Emas Sebagai Alat Tukar. Pada Akhirnya Mereka Menggunakan Uang, Dan Uang Menghilang Dengan Adanya Kartu Kredit.

Uang Adalah Sebuah Ide, Sebagai Contoh Ketika Kita Bawa Uang Rupiah Ke Amerika, Mereka Tidak Menerima Karena Mereka Tidak Mempunyai Ide Terhadap Apa Yang Kita Tunjukkan.

Contoh Favorit Saya Tentang Uang Adalah Sebuah Ide, Adalah Cerita Tentang BH..!! Ketika Di Dalam Seminar Saya Tanya Kepada Peserta Berapa Harga BH Obralan. Ada Yang Jawab Rp 3000,- Kemudian Saya Bulatkan Menjadi Rp 10.000,- (Karena Yang Rp 3000,- Mungkin Talinya Kendur Dan Gampang Lepas), Kemudian Saya Ceritakan Semisal BH Tersebut Dipakai Oleh Pamela Anderson (Bintang Film Sexy Dari Bay Watch) Selama 10 Menit, Kemudian BH Tersebut Dilelang. Apa Yang Terjadi? Ternyata BH Tersebut Harganya Meningkat Menjadi 10 Juta Bahkan 100 Juta Rupiah. Inilah Yang Namanya Uang Adalah Sebuah Ide. Dan Ide Datangnya Dari Benda Diantara 2 Telinga Kita (Tapi Bukan Hidung) Yaitu Otak. Ide Ini Diproduksi Dengan Cara Berfikir Dan Berfikir Adalah Gratis. Dan Apabila Berfikir Adalah Gratis Sebaiknya Kita Berfikir Besar.

Banyak Orang Mengajarkan Bahwa Kita Berfikir Realistis. Menurut Saya Ada Yang Meleset. Hari Ini Adalah Milik Orang-Orang Yang Tadinya Dianggap Tidak Realistis, Seperti Terbang Dengan Pesawat, Handphone, Tenaga Nuklir, TV Begitu Tipisnya Sehingga Bisa Digulung, Kaca Yang Bisa Membersihkan Sendiri, Perpustakaan Yang Ada Di Dalam Kacamata, Belajar Sambil Tidur. Masa Depan Adalah Milik Orang-Orang Yang Hari Ini Memiliki Goal Yang Dianggap Tidak Realistis. Goal Kita Boleh Tidak Masuk Akal Tapi Rencananya Harus Masuk Akal. Salah Satu Rencana Yang Masuk Akal Adalah Kita Mempunyai Pembimbing Yang Sudah Mencapai Apa Yang Diinginkan Atau Yang Mendekati Apa Yang Kita Inginkan. Seperti Yang Diceritakan Oleh Prof. Yohanes Surya, Phd (Ahli Fisika) Yang Menjadi Pembicara Bersama Saya Di Semarang Beberapa Waktu Yang Lalu. Dikatakan Sejak Tahun 1961-2004, Semua Pemenang Nobel Fisika  Adalah Murid Dari Pemenang Nobel Fisika. Seperti Orang Belajar Main Piano, Mereka Bisa Belajar Sendiri Tapi Sangat Lama Dan Menggunakan Jari Sebelas (Dua Telunjuk), Tapi Jika Mereka Mencurahkan Uang Dan Waktu Untuk Masuk Kelas Dengan Seorang Pengajar Yang Sudah Bisa Main Piano, Maka Mereka Akan Belajar Lebih Cepat Dan Akhirnya Bisa Memainkan Piano Dengan Baik.

Apabila Kita Kepingin Kaya, Kita Harus Masuk Kelas, Mencurahkan Uang Dan Waktu Serta Konsentrasi Untuk Belajar Dari Orang Yang Sudah Melakukan. Ini Akan Mempercepat, Daripada Kita Coba-Coba Sendiri.



FINANCIAL REVOLUTION with F.Q (FINANCIAL QUOTIENT)
KECERDASAN FINANSIAL
Oleh: Dr.Edu, Dr.Mus, Dr.Hc. BAYU WIRAWAN, M.Mus, M.Art, B.Mus

  • No. Telp (H.P): 0838 6242 6203
  • E-mail: bayuwirawan71@gmail.com
  • Facebook: KING JAZZ (Bayu Wirawan),
  • Facebook: "KING JAZZ", "KING JAZZ MASTERPIECE", "KING JAZZ RECORD"
  • Twitter: "KING JAZZ RECORD"
  • Music Albums - FreeDownload: http://kingjazz.mymusicstream.com/
  • Blog: http://kingjazzmaestro.blogspot.com

Contact for: Album Order, Concert, Gig, Seminar, Workshop, Music School Franchise, Music Producer

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog

Mengenai KING JAZZ (Bayu Wirawan)

Foto saya
JAKARTA, BANDUNG, PURWOKERTO, DENPASAR, JAYAPURA, JAKARTA, BANDUNG, PURWOKERTO, BALI, JAYAPURA, Indonesia
I Am a Human with Universal Talents, Entrepreneur in so Many Fields; Film and Musics Producers, Song Writer,Composer,Arranger, Audio Engineer, Jazz Pianist, Music Lecture, Music School, Recording Studio, KING JAZZ RECORD Productions, BMS RECORD, INDONESIAN RECORD, Computer Programmer, Networking Business Management, Web Developer, Psychologist, Mind Reader, Spiritual Healing, Mental Therapist, Psychic... God Too Much ... ;-) I'm Gemini Man ;-)