Kamis, 24 Oktober 2013

BAYU WIRAWAN, Dr.Edu, Dr.Mus, Dr.Hc.M.Mus, M.Art, B.Mus: THE INSTRUCTOR @SEMINAR ENTREPRENEURSHIP (KEWIRAUSAHAAN) PESERTA MAHASISWA ISI PADANG PANJANG

“ENTREPRENEUR MIND SET”
Oleh: Dr.Edu, Dr.Mus, Dr.Hc. BAYU WIRAWAN, M.Mus, M.Art, B.Mus

  • No. Telp (H.P): 0838 6242 6203
  • E-mail: bayuwirawan71@gmail.com
  • Facebook: KING JAZZ (Bayu Wirawan),
  • Facebook: "KING JAZZ", "KING JAZZ MASTERPIECE", "KING JAZZ RECORD"
  • Twitter: "KING JAZZ RECORD"
  • Music Albums - FreeDownload: http://kingjazz.mymusicstream.com/
  • Blog: http://kingjazzmaestro.blogspot.com








“ENTREPRENEUR MIND SET”
Oleh: Dr.Edu, Dr.Mus, Dr.Hc. BAYU WIRAWAN, M.Mus, M.Art, B.Mus

  • No. Telp (H.P): 0838 6242 6203
  • E-mail: bayuwirawan71@gmail.com
  • Facebook: KING JAZZ (Bayu Wirawan),
  • Facebook: "KING JAZZ", "KING JAZZ MASTERPIECE", "KING JAZZ RECORD"
  • Twitter: "KING JAZZ RECORD"
  • Music Albums - FreeDownload: http://kingjazz.mymusicstream.com/
  • Blog: http://kingjazzmaestro.blogspot.com

10 PENYEBAB ANDA MENJADI KURANG BERUNTUNG


1. TAK PUNYA SELERA HUMOR.
Jika Anda Tipe Orang Yang Menanggapi Segala Hal Secara Serius, Maka Anda Masuk Daftar Pertama Ini. Mulailah Belajar Tertawa. Tawa Adalah Obat Paling Ampuh Dalam Segala Hal. Jika Anda Tak Dapat Menjadikan Permasalahan Yang Anda Hadapi Sebagai Lelucon, Malah Sebaliknya Mengeluh Panjang Lebar Tentang Masalah Tersebut, Bisa Jadi Masalah Ini Sebenarnya Tak Seburuk Yang Anda Pikirkan. Sekali Anda Buktikan, Maka Sepanjang Hidup Semua Masalah Tak Seburuk Yang Anda Kira.
Dalam Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Yang Disusun Budiono MA, “HUMOR” Berarti “Kemampuan Merasai Sesuatu Yang Lucu Atau Menyenangkan; Keadaan; Ceritera Dan Sebagainya Yang Menggelikan Hati”.
Oleh Karena Ini Menyangkut Unsur Rasa, Kelucuan Serta Senang, Sudah Barang Tentu Yang Tersentuh Adalah Suasanya Hati Yang Perwujudannya Dalam Aksi Tawa Atau Setidaknya Seulas Senyuman.
Hal Hal Yang Bisa Mengundang Tawa Sering Dijumpai Dalam Bentuk Kata Kata, Ceritera, Gerakan Atau Konsisi Tubuh, Gambar, Kartun, Film Dan Atau Aksi Aksi Lain, Baik Yang Sadar Diciptakan Maupun Tanpa Kesengajaan. Pemeran Atau Pembuatnya Bisa Komedian/Pelawak/Badut Bisa Juga Bukan.
Setiap Manusia Pasti Pernah Meraskan Betapa Rilek Dan Nyamannya Menikmati Humor. Seolah Olah Semua Kesulitan Yang Membebani Hidup Menjadi Lenyap. Yang Ada Hanya Tertawa, Tertawa Dan Tertawa Lagi.
Menurut Penelitian, Orang Dewasa Setiap Harinya Kira Kira Melakukan Aksi Tawa Sebanyak 15 Kali, Sedangkan Anak Anak Hampir 20 Kali Lipatnya Orang Dewasa. Karena Usia Kanak Kanak Belum Mampu Mebedakan Antara Yang Logis Dan Irasional. Jadi Setiap Hal Yang Dilihat Dan Dirasakannya Senantiasa Dijadikan Sebagai Bahan Mainan Dan Tertawaan.

Sigmud Freud (Psikolog) Memilah Humor Kedalam Tiga Katagori
1. Comic, Tergolong Lelucon Tanpa Motivasi. Diperoleh Dengan Teknik Yang Lucu. Dalamhal Ini Misalkan Tebak Tebakan.
2. Humour, Guyonan Yang Mengandung Motivasi Mungkin Juga Kritikan. Konteksnya Bisa Berupa Sarkatik, Menggoda, Mengejek Dan Atau Menertawakan Orang
3. Wit, Mirip Dengan Humour Namun Memiliki Kadar Lebih Intelek. Dimana Untuk Mengetahui Kelucuannya Perlu Mengandalkan Otak Untuk Berfikir. Contohnya, “Pak, Ibu Itu Siapa” Jawabnya “Oh, Itu Mertua Isteri Saya”

Seorang Ahli Yang Bekerja Lebih Dari 35 Tahun Meneliti Bidang Kreatifitas, Robert Alan Black Phd Menemukan Bahwa Humor, Kelucuan Atau Gurauan Memiliki Tempat Tersendiri Dalam Proses Kerja Yang Serius. Humor Sebagai Sarana Kelucuan Terbukti Efektif Untuk Membangkitkan Imajinasi Dan Daya Kreatif.
Melalui Humor Dan Tawa, Seluruh Syaraf, Otot Akan Mengendur Sehingga Memberi Suasana Hati Menjadi Tenang Dan Nyaman Yang Pada Akhirnya Memberi Respon Positif Ke Otak, Sehingga Si Otak Tersebut Akan Bekerja Lebih Optimal.
Dari Sisi Pandang Kesehatan (Jiwa), Dr. Madan Kataria (Phsikiater India) Pendiri Laughter Club International, Memanfaatkan Humor Untuk Terapi :

1. Kondisi Psikis, Dimana Hormon Anti Stress (Endrospline) Yang Muncul Ketika Tertawa Akan                          Mengalahkan Hormon Pemicu Stress (Cortisol Andrinalin)
2. Kondisi Kesehatan Dan Kekebalan Tubuh, Dimana Jika Tertawa 10 Menit Akan Menurunkan 10 –20 Mm Tekanan Darah Dan Disaat Seperti Itu Akan Meningkatkan Kekebalan Tubuh Dengan SEL LIMPOSIT Yang Diproduksinya.
3. Menstimulasi Pikiran Dan Perasaan Positif. Karena Humor Membuat Hati Riang, Oleh Karenanya Akan Lebih Mudah Mendapatkan Ide Ide Baru
4. Menjalin Relasi Sosial Dan Meningkatkan Kualitas Pergaulan. Jika Hati Senang Akan Senantiasa Bersikap Baik Kepada Siapapun, Sehingga Banyak Disukai Serta Mudah Berkomunikasi.

Sejalan Dengan Itu, Louis Franzini Phd Dari San Diago University Mengemukakan Bahwa Humor Bermanfaat Buat Anak Anak Dalam Hal Sbb. :
1. Meningkatkan Kecerdasan Emosional, Kemampuan Berkomunikasi, Rasa Sosial Dan Empati Anak
2. Meningkatkan Kualitas Hubungan Ikatan Batin Antara Anak Dan Orang Tuanya, Sehingga Keduanya Akan Semakin Dekat Serta Akrab
3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Dan Manjaga Kesetabilan Mental Anak. Jantung, Otot, Tulang Jadi Lebih Aktif
4. Meningkatkan Perkembangan Fungsi Otak Si Anak Sehingga Mampu Merangsang Daya Pikir Dan                  Kreatifitasnya
Memperhatikan Arti Pentingnya Humor, Timbul Pertanyaan “Mengapa Tidak Atau Kita Belum Pernah Mendengar Adanya Tempat Pendidikan, Sekolahan Atau Kursus Humor Secara Khusus?. Yang Ada Hanya Semacam Magang Pada Kelompok Lawak Yang Sudah Cukup Punya Pengalaman”. Mungkin, Sekali Lagi Mungkin Ini Kerena Seni Humor/Lawak Tidak Memiliki “Pakem” Yang Pasti Sebagai Pedoman Atau Acuannya. Hanya, Bisa Jadi Tiap Grup Humor Atau Individu Komedian Mempunyai Warna Khas Sendiri Sendiri Dalam Aksinya.
Humor Berbeda Dengan Jenis Seni Lainnya. Dimana Humor Sudah Tidak Mempunyai Greget Lagi Ketika Di Kemukakan Berulang Kali Terhadap Pembaca Atau Pemirsa Yang Sama.
Didalam Ceritera Drama, Sandiwara, Pertunjukan Atau Film Yang Bertema Humor Bisa Saja Ada Sekenario Sebagai Arah Jalannya Ceritera. Nampaknya Peranan Kemahiran Berimprovisasi Dari Para Pelakonnyalah Yang Membuat Pertunjukan Jadi Lebih Hidup Penuh Ger-Geran.
Waktu Penyampaian Humor Bisa Saja Setiap Saat Atau Pada Kesempatan Tertentu. Misalnya, Didalam Pertunjukan Wayang Semalam Suntuk, Event Humor Lalu Disebut ‘Goro-Goro’ Yang Diperankan Oleh Empat Punakawan Semar, Gareng, Petruk Dan Bagong Sengaja Dimunculkan Pada Jam Jam Serangan Kantuk Memuncak, Yaitu Ditengah Malam. Hal Ini Dimaksudakan Agar Para Penonton Yang Sudah Mulai Loyo, Lelah Bisa Segar Kembali Untuk Meneruskan Totonannya Sampai Selesai. Episode Goro Goro Tersebut Sebenarnya Termasuk Sesi Yang Sangat Dinanti Nantikan Oleh Para Pemirsa Wayang Itu Sendiri. Disitu Akan Terlontar Berbagai Aksi Guyonan, Ejek Mengejek, Sindir Menyindir Dan Yang Tak Kalah Pentingnya Pula Sebagai Media Kritik Sosial Yang Membangun Bagi Penguasa.
Dengan Humor, Persahabatan Dan Pertemanan Akan Lebih Terasa Hangat. Suasana Menjadi Cair Dan Terbuka. Namun, Yang Penting Tetap Menjaga Koridor Etika Pergaulan Dengan Tidak Perlu Membawa Bawa SARA (Suku, Agama, Ras/Etnis Dan Antar Golongan) Serta Melanggar Privasi Seseorang Secara Berlebihan.
Oleh Karena Itu, Tidak Ada Salahnya Kalau Kita Selalu Menyempatkan Diri Untuk Berhumor-Ria, Kapan Dan Dimana Saja Berada.
*)Sumber-Sumber
- Chicken Soup For The Surviving Soul, Pengantar Oleh Bernie S.  Siegel M.D.
- Taslani “Seni Bicara & Fungsi Humor”
- D. Mintardjo, “Istilah Difinisi Dan Pebedaan Jenis Humor” Webgaul.
- Nia Hidayati “Manfaat Humor Untuk Terapi Kesehatan” Dan “Manfaat Humor Untuk Perkembangan Anak” I-Humor

2. MENYALAHKAN PIHAK LAIN.
Kenapa Anda Begitu Mudah Patah? Bukan Berarti Mengatakan Orang Lain Tak Bersalah, Tapi Saat Menunjuk Pada Hal Itu, Anda Akhirnya Malah Mengubah Uang Anda Sendiri. Sekali Lagi, Berhentilah Merasa Menyesali Diri Dan Berhentilah Mengeluh. Jika Usaha Yang Anda Lakukan Tak Membawa Hasil Seperti Yang Diharapkan, Maka Lakukan Hal Yang Berbeda. Jadi Orang Yang Berbeda Sesekali, Bisa Jadi Hal Bagus Buat Diri Anda. Ingat, Mulailah Dengan Berhenti Mengeluh, Dan Berdamailah Dengan Segala Keadaan Yang Anda Hadapi.
EFEK YANG DITIMBULKAN AKIBAT MARAH-MARAH
Tidak Bisa Dipungkiri Bahwa Selain Menjaga Kesehatan Fisik, Kesehatan Psikis Juga Memerlukan Perhatian Khusus. Seseorang Dikatakan Sehat Jika Secara Fisik Dan Psikis Tidak Mengalami Gangguan Kesehatan.

Coba Kita Amati Bagaimana Seseorang Yang Setiap Hari Mencoba Untuk Berbahagia Dan Tidak Larut Dalam Kesedihan. Perasaan Bahagia Tersebut Akan Memberikan Dampak Yang Positif Bagi Kesehatan Fisik Dan Psikis Orang Yang Bersangkutan. Dan Sebaliknya, Orang Yang Cenderung Stres Dan Sering Meluapkan Amarah Dengan Menyalahkan Orang Lain, Maka Ia Lebih Berisiko Mengalami Gangguan Kesehatan.
Banyak Ahli Medis Yang Menyatakan Jika Luapan Emosi Atau Amarah Berlebihan Dapat Mengakibatkan Masalah Kesehatan Serius, Terutama Pada Orang Yang Mengalami Penyakit Jantung Dan Tekanan Darah Tinggi. Ini Terjadi Karena Luapan Emosi Dan Amarah Dapat Meningkatkan Tekanan Darah Dan Detak Jantung. Pada Kasus Yang Lebih Parah, Bisa Mengakibatkan Pecahnya Pembuluh Darah Hingga Kematian Mendadak.
Nah, Agar Anda Lebih Berhati-Hati Saat Meluapkan Amarah, Berikut Ini Beberapa Penyakit Yang Berpeluang Terjadi Jika Anda Tidak Pandai-Pandai Mengendalikan Amarah.
STRES BERKEPANJANGAN
Stres Adalah Efek Samping Yang Terjadi Akibat Amarah Yang Meledak-Ledak. Biasanya Stres Akan Muncul Ketika Amarah Sudah Mereda, Dan Ini Bisa Menjadi Stres Yang Berkepanjangan. Saat Marah, Tubuh Memproduksi Hormon Kortisol, Hormon Yang Diproduksi Oleh Kelenjar Adrenal Yang Dapat Meningkatkan Tekanan Darah Dan Gula Darah. Tentu Hal Ini Tidak Baik Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi Dan Diabetes.
Tekanan Darah Tinggi
Saat Marah, Tekanan Darah Dalam Tubuh Akan Meningkat Seiring Dengan Meningkatnya Detak Jantung. Jika Terjadi Dalam Waktu Yang Lama, Tekanan Darah Yang Terlalu Tinggi Dapat Menyebabkan Pecahnya Pembuluh Darah Di Otak .
SERANGAN JANTUNG
Sebuah Studi Ilmiah Di Swedia Menunjukkan Bahwa Luapan Emosi Saat Marah Dapat Meningkatkan Risiko Serangan Jantung Dan Stroke. Marah Juga Berpotensi Memperlemah Sistem Kekebalan Tubuh Sehingga Mereka Yang Memiliki Sifat Temperamen Cenderung Mudah Sakit.
Para Ahli Menyatakan, Saat Marah Datang Detak Jantung Akan Meningkat Menjadi 180 Detak Jantung/Menit, Sehingga Membutuhkan Lebih Banyak Oksigen Dan Membuat Napas Menjadi Sesak. Inilah Yang Dapat Memperburuk Kondisi Jantung.
GANGGUAN PERNAPASAN
Orang-Orang Yang Menderita Asma Juga Patut Waspada Saat Meluapkan Amarahnya. Pasalnya, Penderita Asma Akan Semakin Sulit Untuk Bernapas Saat Sedang Marah, Mengingat Peningkatan Detak Jantung Membutuhkan Oksigen Yang Lebih Banyak Dan Membuat Napas Menjadi Tersengal-Sengal.
Sakit Kepala
Peningkatan Tekanan Darah Dan Detak Jantung Saat Marah Juga Dapat Membuat Pembuluh Darah Di Kepala Semakin Berdenyut Cepat. Inilah Yang Dapat Memicu Sakit Kepala Dan Memperburuk Kondisi Kesehatan Anda.
SULIT TIDUR
Stres, Sakit Kepala, Dan Kondisi Psikis Yang Belum Stabil Akan Membuat Anda Sulit Untuk Beristirahat. Bahkan Untuk Tidur Beberapa Menit Saja, Tubuh Anda Tidak Mau Diajak Kompromi. Jika Ini Yang Terjadi, Maka Daya Tahan Tubuh Anda Akan Menurun Dan Lebih Rentan Terkena Berbagai Penyakit.
Sebaiknya Sebelum Meluapkan Amarah, Tariklah Napas Dalam-Dalam Dan Hembuskan Perlahan. Cara Ini Bisa Membantu Mengendalikan Luapan Amarah Yang Dapat Merugikan Kesehatan Anda.

3. TAK PERCAYA DIRI SENDIRI.
Kenapa Bisa Begitu? Dengan Standard Siapa Anda Membandingkan Diri Sendiri? Anda Sendiri Atau Orang Lain? Yang Sebenarnya, Anda Bisa Menemukan Sesuatu Dalam Diri Sendiri Yang Membuat Anda Bahagia, Atau Melakukan Perubahan. Lakukan Keduanya Jika Anda Mau. Tak Seorangpun Di Dunia Ini Yang Dapat Menghentikan Anda Berpikir Bahwa Anda Menarik.

4. TAK PUNYA HARAPAN ATAU “STUCK”.
Tak Seorangpun Yang Dapat Membuat Anda Merasa Lebih Baik Selain Diri Anda Sendiri. Anda Tak Bisa Mengharapkan Dunia Berubah Untuk Anda Sebelum Anda Mengubah Diri.

5. BERTINDAK LEBIH DARI KEMAMPUAN.
Tindakan Ini Membuat Anda Jadi Tumpul, Dan Khususnya Tak Berarti 'Semua Pekerjaan Dan Tak Ada Permainan.'

6. KHAWATIR BERLEBIHAN.
Semakin Anda Khawatir, Semakin Kurang Keyakinan Anda Kalau Segala Sesuatunya Akan Berjalan Dengan Baik. Bagaimana Anda Dapat Mengharapkan Mendapat Tempat Dalam Kehidupan Jika Anda Tak Punya Keyakinan Atau Rasa Percaya Diri? Biarkan Semua Berjalan Apa Adanya. Rileks.

7. IRI DENGAN KEBERUNTUNGAN ORANG LAIN.
Kapanpun Anda Mendengar Orang Lain Mendapat Keberuntungan Anda Selalu Berseru, 'Orang Itu Bikin Aku Sangat Kesal!' Mungkin Jika Anda Ikut Bergembira Dengan Keberuntungan Orang Lain, Maka Keberuntungan Yang Sama Bisa Menular Pada Anda.

8. MENYALAHKAN TUHAN.
Kadang Anda Berpikir Betapa Tuhan Tidak Adil Pada Anda. Mungkin Sebaiknya Mulai Sekarang Anda Belajar Bersyukur Dan Maka Hal-Hal Baik Akan Datang Menggantikan Hal-Hal Buruk. Anda Bisa Memulainya Dengan Bersyukur Bangun Dalam Keadaan Sehat Di Pagi Hari.

9. TAK MENGHARGAI HAL-HAL BAIK YANG ANDA MILIKI.
Sebagai Contohnya, Anda Tak Pernah Mensyukuri Kalau Anda Masih Bisa Bangun Pagi Ini Dan Melihat Sinar Matahari? Benar Begitu? Mulai Sekarang, Anda Bisa Menghitung Kebaikan Yang Anda Miliki Dalam Hidup Dari Hal-Hal Kecil Yang Anda Miliki.

10. MENGELUH TERUS MENERUS.
Sebenarnya, Mengeluhkan Satu Hal Malah Akan Lebih Banyak Hal Lain Yang Anda Keluhkan. Dan Yang Pasti Semua Orang Merasa Terganggu Dengan Orang Yang Suka Mengeluh. Bagaimana Menurut Anda? Jika Benar Dari 10 Hal Di Atas Ada Pada Diri Anda. Coba Lakukan Perubahan, Dan Ketidakberuntungan Itu Hanya Akan Tinggal Bayang-Bayang.


TIPS SUKSES UNTUK MENJADI PENGUSAHA SUKSES

1. TUJUAN UTAMA ADALAH UNTUK ORANG LAIN
Sebelum Kita Sukses Kita Harus Angkat Derajat Orang Lain Dulu Entah Itu Karyawan Kita Or Pun Lingkungan Kita, Contoh: Misalnya Sampe Keuangan Perusahaan Minus Seorang Pemimpin Harus Berani Bela-Belai Utang Dah Untuk Gaji Orang Karyawan. Karena Doa Orang Yang Kita Tolong Akan Mengakat Derajat Kita.

2. BUKAN MENGEJAR UANG BELAKA
Kalau Tujuan Kita Cuman Mau Kaya Apapun Akan Kita Lakukan Untuk Mencapai Tujuan, Bahkan Pebuatan Tidak Terpuji Seperti: Korupsi Tipu-Tipu Akan Kita Lakukan. Tapi Klo Kita Punya Tujuan Yang Jelas Misalah Pengen Punya Perusahaan Agar Bisa Menuntaskan Kemiskinan, Maka Uang Yang Akan Mengejar Kita.

3. ATM
Amati Tiru Dan Modifikasi, Kayaknya Sudah Banyak Yang Menganut Pola Ini Kita Ambil Contoh: Air Asia, Coba Perhatikan Virgina Atlantik Tulisanya Mirip Air Asia. Jadi Setiap Pungusaha Pasti Punya Tokoh Yang Dia Idolakan Dan Apa Yang Terjadi Sekarang Tony Fernandes Bahkan Menjadi Deretan Orang Kaya Di Malaysia

4. SELALU JUJUR
Kunci Utama Seorang Pengusaha Adalah Trust. Karena Untuk Dapet Di Percaya Orang Lain Itu Sangat Sulit, Ketika Anda Sudah Di Percaya Orang Lain Jangan Sia- Sia Kan Kepercayaan Itu.

5. PANTANG MENYERAH
Yang Namanya Wirausaha Pasti Ada Yang Namanya Jatoh, Karena Kebanyakan Orang Sukses Itu Tidak Bisa Instan Dan Pasti Berproses Nah Dalama Proses Itulah Klo Kita G Jadi Pribadi Yang Tanguh Jangan2 Uah Mau Gol Kita Malah Berhenting Sayang Kan

6. BERANI BERFIKIR DI LUAR JALUR
Harus Berani Berinovasi Meskipun Kadang Inovasi Kita Blm Bisa Di Terima Dimasa Itu.

7. DEKAT DENGAN SANG PENCIPTA
Siapa Lagi Yang Kita Mintain Tolong Klo Bukan Kepada-Nya. Hanya Dia Lah Yang Punya Kuasa, Dialah Yang Punya Modal Unlimited. Dan Bagai Mana Cara Agar Bisa Dekat Dengan-Nya: Menaati Peraturanya Dan Menjauhi Laranganya Klo Di Agama Saya Sholat Tepat Waktu, Menjalankan Sunah-Sunahnya Baek Sholat Malam Dhuha Dll, Dan Besedekah


TRIK CARA MEMULAI USAHA BARU DARI NOL

Mempunyai Usaha Merupakan Keinginan Banyak Orang. Sangat Menyenangkan Membesarkan Usaha Milik Sendiri.
Lalu Pertanyaannya Bagaimana Cara Memulai Usaha Baru Dari Nol? Sebenarnyanya Cara Untuk Memulai Usaha Sangatlah Mudah. Yang Dibutuhkan Hanya Dengan Mempunyai Impian. Karena Dengan Impian Kita Dapat Menciptakan Ide Usaha Yang Luar Biasa, Hingga Akhirnya Ide Usaha Tersebut Direalisasikan Menjadi Sebuah Peluang Usaha Baru Yang Menguntungkan.
Selanjutnya Memulai Usaha Dapat Dapat Dilakukan Sebagai Berikut:

1. TENTUKAN IDE USAHA.
Sesuaikan Usaha Yang Akan Dibuka Dengan Kemampuan, Minat Atau Bakat Yang Kita Miliki, Namun Tanpa Meninggalkan Faktor Peluang Pasar Yang Ada Pada Masyarakat. Banyaknya Pengusaha Sukses, Karena Mereka Memilih Bidang Usaha Yang Mereka Sukai. Sehingga Kita Akan Selalu Berusaha Mengembangkan Bisnis Yang Kita Miliki, Dengan Perasaan Senang Hati Tanpa Ada Kejenuhan Ataupun Rasa Bosan Yang Sering Muncul. Selain Itu Dapat Juga Memulai Usaha Baru Yang Belum Pernah Ada Di Pasaran Sehingga Terkesan Unik Dan Menarik, Atau Membuka Usaha Yang Telah Banyak Dipasaran Namun Memiliki Peluang Pasar Yang Masih Besar.

2. CIPTAKAN VISI DAN MISI USAHA.
Sebuah Usaha Harus Mempunyai Visi Dan Misi Yang Jelas, Sehingga Tujuan Dan Langkah Usaha Tersebut Dapat Terstruktur Dengan Baik Untuk Menunjang Pengembangan Usaha Yang Dibangun.

3. ACTION!!! …  ;-)
Sebaik Apapun Ide Usaha Yang Kita Punya, Tidak Akan Pernah Menjadi Usaha Yang Sukses Jika Kita Tidak Segera Bertindak. Mulailah Usaha Yang Kita Rencanakan Dengan Penuh Keyakinan Dan Ketekunan, Karena Menjalankan Sebuah Usaha Hingga Mencapai Kesuksesan Membutuhkan Perjuangan Dan Perjalanan Yang Cukup Panjang Dengan Kerja Keras Yang Harus Dijalankan.

4. SELALU BELAJAR DAN LAKUKAN PENGAMATAN.
Amati Pengusaha Yang Telah Sukses Dengan Bidang Yang Sama, Bila Usaha Kita Tergolong Baru Amatilah Strategi Manajemen Yang Mereka Gunakan. Hal Penting Lainnya Yaitu Perdalam Pengetahuan Mengenai Semua Hal Yang Berhubungan Dengan Bisnis Yang Kita Jalankan, Agar Produk Kita Bisa Lebih Inovatif.

5. HADAPI DAN NIKMATI HAMBATAN ATAU KEGAGALAN.
Membangun Sebuah Usaha Hingga Sukses Tidaklah Mudah, Adanya Hambatan Serta Resiko Kegagalan Hampir Selalu Membayangi Setiap Usaha. Untuk Itu Sebaiknya Kita Harus Selalu Berpikiran Positif Terhadap Hambatan Serta Kegagalan Yang Ada, Karena Dalam Tiap Kesulitan Akan Ada Kemudahan Jika Kita Mau Bekerja Keras. Tanpa Kita Sadari, Dalam Keadaan Terdesak Kreativitas Seseorang Akan Meningkat Untuk Mencari Solusi Dari Masalah Yang Ada. Oleh Karena Itu, Hadapi Serta Nikmati Hambatan Usaha Karena Akan Menguatkan Mental Usaha Kita Dan Menambah Kemampuan Kita Dalam Membangun Usaha.

KUNCI SUKSES MEMULAI USAHA BARU
Berikut Ini Adalah Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menjalankan Usaha Baru Yang Kita Inginkan.

1. TENTUKAN JENIS USAHA BARU YANG HENDAK DIJALANKAN
Untuk Memulai Suatu Usaha Baru, Langkah Pertama Yang Harus Kita Ambil Adalah Menentukan Jenis Usaha Baru Yan Seperti Apa Yang Hendak Kita Jalankan. Ada Banyak Jenis Usaha Baru Sesuai Pengelompokkan Kategorinya Misalnya Saja Kategori Percetakan Dan Penerbitan, Maka Usaha Yang Bisa Dijalankan Adalah Usaha Baru Digital Printing, Usaha Baru Pengetikan Dan Rental Komputer, Penerbitan Majalah Dan Koran, Percetakan Dan Sablon.

Ada Lagi Usaha Baru Dari Kategori Industri Seperti Industri Makanan, Industri Pakaian, Dan Lain Sebagainya. Untuk Mengetahui Jenis Usaha Baru Ini, Ada Baiknya Kita Menggali Informasi Sebanyak Mungkin Dari Pelaku Usaha Baru Yang Sudah Mencapai Kesuksesan Mereka. Informasi Juga Bisa Kita Dapatkan Melalui Internet, Di Mana Di Internet Ini Tersedia Berbagai Artikel Yang Membahas Cara-Cara Memulai Usaha Baru.

2. SESUAIKAN USAHA BARU ITU DENGAN HOBI
Hobi Adalah Kegiatan Yang Sangat Menyenangkan Ketika Kita Melakukannya. Untuk Itu, Pilihlah Jenis Usaha Baru Yang Sesuai Dengan Hobi Yang Kita Sukai Tersebut. Dengan Menjalankan Suatu Usaha Baru Yang Sesuai Dengan Hobi Kita, Maka Akan Dapat Dipastikan Kita Akan Menjalankan Usaha Baru Itu Dengan Lebih Bergairah Karena Kita Mencintai Dan Menyenangi Kegiatan Di Dalam Menjalankan Usaha Baru Itu.

Misalnya Saja Kita Memiliki Hobi Berkebun, Maka Usaha Baru Yang Bisa Kita Rintis Adalah Usaha Tanaman Hias, Usaha Baru Perkebunan. Atau Ketika Kita Sangat Menyukai Dunia Tulis Menulis, Maka Kita Bisa Memikirkan Usaha Baru Yang Berkaitan Dengan Dunia Tulis Menulis, Misalnya Saja Usaha Baru Membuka Percetakan Dan Penerbitan.

Masih Banyak Contoh Usaha Baru Yang Bisa Kita Jalankan Berdasarkan Hobi Yang Kita Sukai. Cari Tahulah Terlebih Dahulu Kegiatan Apa Yang Paling Kita Sukai. Lalu Tentukan Jenis Usaha Baru Apa Yang Akan Kita Jalankan Berdasarkan Kegiatan Yang Kita Sukai Tersebut.

3. USAHA BARU - LIHAT TREND MASYARAKAT YANG SEDANG TERJADI
Sebelum Melakukan Atau Menentukan Usaha Baru Apa Yang Hendak Dijalankan, Kita Juga Bisa Melihat Trend Apa Yang Sedang Berlangsung Di Dalam Masyarakat Pada Umumnya. Misalnya Saja Saat Ini Tren Yang Sedang Terjadi Di Dalam Masyarakat Adalah Berkembangnya Bisnis Kreatif, Maka Carilah Usaha Baru Jenis Bisnis Kreatif Namun Masih Banyak Yang Belum Melakukannya.

Contoh Bisnis Kreatif Yang Bisa Kita Lakukan Adalah Produksi Mebel Dengan Bahan Baku Enceng Gondok Atau Bahan Baku Akar Pohon. Jenis Usaha Baru Yang Masuk Dalam Kategori Bisnis Kreatif Memang Memerlukan Daya Kreativitas Yang Tinggi.

Tetapi Perlu Diingat, Ketika Kita Memutuskan Untuk Memulai Usaha Baru Jenis Bisnis Kreatif Yang Sedang Menjadi Tren Di Dalam Masyarakat Kita, Hendaknya Kita Tidak Mengekor Bisnis Kreatif Yang Sudah Ada. Misalnya Kita Mengambil Ide Yang Sama, Tetap Saja Kita Harus Memiliki Perbedaan Yang Menonjol Untuk Membedakan Hasil Usaha Baru Kita Dengan Usaha-Usaha Lain Yang Sudah Berjalan.

Masih Ingat Dengan Tren Yang Terjadi Di Masyarakat Beberapa Waktu Yang Lalu, Ketika Bisnis Laundry Naik Daun? Hampir Semua Orang Membuka Usaha Baru Laundry Ini Dan Memiliki Sistem Yang Hampir Sama Sehingga Persaingan Di Bisnis Laundry Ini Meningkat Tajam.
Tetapi Ketika Kita Membuat Suatu Perbedaan Di Bisnis Laundry Yang Sama, Maka Kita Akan Dapat Merebut Perhatian Pengguna Bisnis Ini. Misalnya Saja, Bisnis Laundry Yang Sudah Ada Mematok Harga Yang Sama Dan Hasil Yang Sama, Ketika Kita Menambahkan Sistem Delivery Di Mana Laundry Tersebut Ada Fasilitas Antar Dan Ambil Gratis, Maka Para Pengguna Bisnis Laundry Ini Akan Dapat Merebut Perhatian Pasar Dan Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan Dengan Fasilitas Tersebut. 

4. RANCANG DAN RENCANAKAN USAHA BARU DENGAN BAIK
Setelah Kita Menentukan Usaha Baru, Apa Yang Hendak Kita Jalankan Dan Kita Sudah Yakin Dengan Usaha Baru Tersebut? Mulailah Dengan Merancang Dan Merencanakan Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan Dan Dilakukan Agar Usaha Baru Itu Dapat Diwujudkan. Perencanaan Yang Baik Akan Membuat Usaha Baru Tersebut Dapat Lebih Mudah Diwujudkan.

Yang Harus Diperhatikan Dalam Merancang Dan Merencanakan Usaha Baru Yang Hendak Dijalankan Ini, Kita Harus Memikirkan Ketersediaan Modal Untuk Mewujudkan Usaha Baru Yang Kita Inginkan. Modal Biasanya Menjadi Hal Yang Penting Untuk Memastikan Bahwa Usaha Baru Tersebut Dapat Berjalan Sebagaimana Mestinya.

Tidak Ada Keharusan Memiliki Modal Pribadi Ketika Kita Ingin Memulai Usaha Baru. Ada Banyak Cara Untuk Mendapatkan Modal Yang Bisa Kita Lakukan Sehingga Masalah Modal Ini Bukanlah Kendala Yang Besar Yang Dapat Menghalangi Niat Kita Untuk Memiliki Usaha Baru.

Selain Modal, Penentuan Lokasi Usaha, Peralatan Usaha, Dan Karyawan Yang Akan Membantu Menjalankan Usaha Baru Juga Perlu Dirancang Dan Direncanakan Dengan Baik. Lokasi Usaha Baru Menentukan Keberhasilan Usaha Itu Sendiri. Karena Itu, Tentukanlah Lokasi Usaha Yang Tepat Yang Sesuai Dengan Usaha Baru Yang Hendak Kita Jalankan.

Kedai Fotokopi Akan Lebih Lancar Jalannya Jika Memiliki Lokasi Usaha Di Sekitar Kampus Atau Sekolahan. Digital Printing Akan Lebih Berjaya Ketika Berada Di Lokasi Yang Tepat. Begitu Pula Usaha Baru Jenis Lain Akan Dapat Berkembang Dengan Baik Jika Pemilihan Lokasinya Tepat.

5. USAHA BARU - LAKUKAN!
Setelah Rancangan Dan Rencana Mengenai Pendirian Usaha Baru Tersebut Telah Siap, Segeralah Realisasikan. Tanpa Kita Wujudkan, Maka Usaha Baru Itu Tidak Akan Pernah Ada. Lakukan Dengan Segera Dan Dengan Keyakinan Bahwa Usaha Baru Yang Sudah Kita Pilih Ini Memiliki Peluang Untuk Berhasil Karena Kita Sudah Mempersiapkannya Dengan Matang.

Teruslah Belajar Dan Mencari Berbagai Informasi Agar Usaha Baru Yang Kita Lakukan Ini Akan Terus Berkembang Dan Semakin Hari Semakin Dapat Memenuhi Kebutuhan Para Pelanggan. Dengan Melakukan Apa Yang Sudah Kita Rencanakan Mengenai Usaha Baru Ini, Maka Kita Akan Segera Tahu Hasilnya.


KUNCI KESUKSESAN MEMULAI USAHA ADALAH BERANI MENJADIKAN MIMPI KITA MENJADI IDE BISNIS YANG NYATA. JANGAN PERNAH TAKUT GAGAL DALAM MEMULAI BISNIS, KARENA SETIAP KEGAGALAN AKAN MEMBERIKAN PELAJARAN BERHARGA BAGI LANGKAH BISNIS ANDA. SALAM SUKSES.


DASAR-DASAR MARKETING SEDERHANA

Informasi Bisnis : Dasar-Dasar Marketing Sederhana - Ilmu Tentang Marketing Memang Tidak Ada Habisnya. Banyak Pemula Yang Ingin Belajar Tentang Marketing Namun Terkesan Sangat Text-Book Dan Susah Diaplikasikan. Saya Mencoba Menyederhanakan Tips Tentang Marketing Sederhana Agar Anda Dapat Mempelajarinya Lebih Praktis.

  1. MEMPERTAHANKAN PELANGGAN - Pembeli Belum Tentu Pelanggan. Menciptakan Pelanggan Atau Repeat Buyers Pada Bisnis Anda Itu Adalah Pekerjaan Yang Tidak Mudah. Lebih Baik Anda Fokus Pada Menciptakan Repeat Buyers Daripada Mencari Pelanggan Baru.

  1. MENJAGA DAN MEMONITOR KUALITAS LAYANAN PRODUK - Ketika Produk Dan Layanan Kita Bagus, Konsumen Akan Loyal Dan Merekomendasikan Ke Orang Lain. Ketika Produk/Layanan Buruk, Konsumen Akan Beralih Ke Pesaing Dan Akan Menyebarkan Info Negatif Tentang Produkny. Jadi Menjaga Kualitas Produk/Layanan Sangat Penting Utk Mbuat Konsumen Loyal Dan Bisa Menjadi Good Word Of Mouth

  1. PROMOSI MELALUI SOCIAL MEDIA - Social Media Seperti Twitter Dan Facebook Sangat Efektif Dalam Membantu Marketing Produk Anda. Bagi Anda Yang Masih Awam Mengenai Promosi Melalu Social Media, Maka Saat Ini Adalah Saat Yang Tepat Untuk Anda Untuk Mulai Belajar. Sudah Banyak Yang Membagi Tips Dan Trik Untuk Promosi Melalui Social Media.


CARA SIMPLE MENGHITUNG “B.E.P” (BREAK EVEN POINT) DALAM USAHA KECIL

Dengan Kondisi Bunga Deposito Yang Semakin Menurun, Tentunya Tidak Memberikan Return Yang Cukup Baik Kita Untuk Meningkatkan Daya Beli Kita Akan Dana Yang Kita Miliki. Hal Ini Bisa Disebabkan Oleh Tingkat Inflasi Yang Lebih Besar Dari Bunga Deposito.

Bila  Kita Mencoba Untuk  Memulai Suatu Usaha Baru Dalam Rangka Untuk Meningkatkan Return Kita (Apapun Usaha Yang Kita Pilih Seperti Toko Lampu, Toko Hp, Toko Stationary, Usaha Laundry Dll), Tentunya Kita Perlu :

1. MENGHITUNG-HITUNG BERAPA DANA Yang Diperlukan Untuk Menyewa Tempat Usaha, Membeli Perabotan, Mempekerjakan Karyawan Dan Hal-Hal Lain
2. MEMBUAT PROYEKSI:
A. Berapa Volume Penjualan Yang Perlu Diperoleh Agar Dapat Minimal Menutup Seluruh Biaya-Biaya Timbul. Ini Dikenal Dengan Istilah Break Even Point (Biasa Disingkat BEP) Dimana Seluruh Biaya Yang Timbul Sama Dengan Total Penjualan Yang Diperoleh, Sehingga Perusahaan Tidak Memperoleh Keuntungan Maupun Kerugian
B. Berapa Volume Penjualan Yang Diperlukan Agar Kita Dapat Memperoleh Laba Yang Kita Targetkan.

Untuk Dapat Membuat Proyeksi Tersebut Tentunya Kita Perlu Mengetahui Bagaimana Cara Menghitung Break Even Point Atau Yang Biasa Disingkat BEP.

Dalam MENYUSUN PERHITUNGAN BEP, Kita Perlu Menentukan Dulu 3 ELEMEN Dari RUMUS BEP Yaitu :

1. FIXED COST (BIAYA TETAP) Yaitu Biaya Yang Dikeluarkan Untuk Menyewa Tempat Usaha, Perabotan, Komputer Dll. Biaya Ini Adalah Biaya Yang Tetap Kita Harus Keluarkan Walaupun Kita Hanya Menjual 1 Unit Atau 2 Unit, 5 Unit, 100 Unit Atau Tidak Menjual Sama Sekali

2. VARIABLE COST (BIAYA VARIABLE) Yaitu Biaya Yang Timbul Dari Setiap Unit Penjualan Contohnya Setiap 1 Unit Terjual, Kita Perlu Membayar Komisi Salesman, Biaya Antar, Biaya Kantong Plastic, Biaya Nota Penjualan

3. HARGA PENJUALAN Yaitu Harga Yang Kita Tentukan Dijual Kepada Pembeli.

Adapun RUMUS Untuk MENGHITUNG =BREAK EVEN POINT” ADA 2 Yaitu:

1. RUMUS [BEP UNIT] UNTUK MENGHITUNG BERAPA UNIT YANG HARUS DIJUAL AGAR TERJADI BEP “BREAK EVEN POINT”:

                 TOTAL FIXED COST
____________________________________
“HARGA JUAL PER UNIT” {(-)DIKURANGI} “VARIABLE COST”

Contoh :
Fixed Cost Suatu Toko Lampu : Rp.200,000,-
Variable Cost    Rp.5,000 / Unit
Harga Jual   Rp. 10,000 / Unit

MAKA BEP PER UNITNYA ADALAH

Rp.200,000
__________  =  40 Units

10,000 – 5,000

Artinya Perusahaan Perlu Menjual 40 Unit Lampu Agar Terjadi Break Even Point. Pada Pejualan Unit Ke 41, Maka Toko Itu MULAI MEMPEROLEH KEUNTUNGAN.

2. RUMUS [BEP UANG] UNTUK MENGHITUNG “BERAPA UANG PENJUALAN YANG PERLU DITERIMA” AGAR TERJADI BEP “BREAK EVEN POINT”:

                   TOTAL FIXED COST
__________________________________   X  HARGA JUAL / UNIT
“HARGA JUAL PER UNIT” {(-)DIKURANGI} “VARIABLE COST”

Dengan Menggunakan Contoh Soal Sama Seperti Diatas Maka Uang Penjualan Yang Harus Diterima Agar Terjadi BEP Adalah

Rp.200,000
__________  X Rp.10,000 = Rp.400,000,-
10,000 – 5,000



More Complex:
Bagaimana Cara Menghitung Breakeven Point (BEP) Usaha Anda ?
Bagaimana Cara Menghitung Breakeven Point (BEP) Usaha Anda ?
Ketika Anda Ingin Memulai Sebuah Usaha, Ada TIGA HAL POKOK Yang Harus Anda Pertimbangan Atau Perhitungkan Yaitu : PRODUK, MODAL Dan PASAR.  Dalam Pembahasan Kali Ini Karena Judulnya Bagaimana Cara Menghitung BEP, Maka Pembahasan Hanya Difokuskan Pada Modal. Adapun Untuk 2 Pokok Lainnya Akan Dibahas Dalam Kesempatan Yang Lain.
Dengan Memiliki Modal: “Anda Akan Dapat Membeli Peralatan Untuk Berproduksi, Membeli Bahan Baku, Membayar Gaji Pekerja Dan Membuat Program Marketing Seperti Halnya Pemasangan Iklan Di Media Massa Baik Cetak Maupun Elektronik”.
Modal Atau Untuk Lebih Membumi, Marilah Kita Sebut Modal Menjadi Uang. Sumber Uang Bagi Anda Seorang Pengusaha Tentunya Beragam Untuk Setiap Orang Seperti Dari Simpanan/Tabungan, Warisan Keluarga, Pinjaman Dari Kerabat/Sahabat Dan Pinjaman Dari Lembaga Keuangan. Pada Umumnya Sumber Uang Dari Selain Lembaga Keuangan Tidak Terlalu Ribet Dengan Urusan Administrasi Dan Studi Kelayakan Usaha, Karena Anda Memiliki Hubungan Kekerabatan Dan Emosional Yang Cukup Dekat Dengan Sumbernya, Sehingga Mereka Akan Sangat Mempercayai Anda.
Sebaliknya Pinjaman Yang Diperoleh Dari Lembaga Keuangan Baik Itu Bank Dan Non Bank, Ketika Anda Mengajukan Kredit, Anda Diwajibkan Untuk Memaparkan Studi Kelayakan Usaha Yang Intinya Harus Dapat Menyakinkan Pihak Kreditor, Bahwa Usaha Anda Pantas Untuk Dibiayai Dan Memiliki Prospek Yang Positif. Salah Satu Indicator Yang Umum Digunakan Oleh Kreditor Adalah Tingkat Break Even Point (BEP).
Selanjutnya Untuk Menyamakan Persepsi, Mari Kita Bahas Apa Sebenarnya Disebut Dengan BEP. Dalam Bahasa Umum, BEP Dapat Disebut Juga Sebagai Titik Pulang Pokok. Titik Pulang Pokok Memiliki Makna Saat/Kapan Modal Yang Digunakan Akan Kembali. Dalam Menghitung “Saat Atau Kapan” Ini, Ada Dua Metode Penghitungan Yang Dapat Kita Pilih Yaitu Saat Jumlah Produksi Mencapai Berapa Unit Dalam Hal Ini Disingkat Dengan (Q) ? Atau Saat Total Penjualan Mencapai Berapa Harga Berapa Rupiah Atau Disingkat Dengan (P)?
Adapun Rumus/Formula Dari DUA METODE Tersebut Diatas Adalah Sebagai Berikut :
1.  BEP-Unit = (Biaya Tetap) / (Harga Per Unit – Biaya Variable Per Unit)
2.  BEP-Rupiah = (Biaya Tetap) / (Kontribusi Margin Per Unit / Harga Per Unit)
PENJELASAN RUMUS:
a)          BEP Unit / Rupiah =  Titik Pulang Pokok
b)         Biaya Tetap Adalah Biaya Yang Jumlahnya Tetap Walaupun Usaha Anda Tidak Sedang Berproduksi Seperti Biaya Gaji Karyawan, Biaya Penyusutan Peralatan Usaha, Biaya Asuransi. Dll.
c) Biaya Variable Adalah Biaya Yang Jumlahnya Akan Meningkat Seiring Dengan Peningkatan Jumlah Produksi. Misalnya Bahan Baku, Bahan Bakar, Biaya Listrik Dll
d)         Harga Per Unit Adalah Harga Jual Barang Atau Jasa Yang Dihasilkan.
e)                Biaya Variable Per Unit Adalah Total Biaya Variable Dibagi Dengan Jumlah Unit Yang Di Produksi Atau Dengan Kata Lain Biaya Rata-Rata Per Unit.
f)  Margin Kontribusi Per Unit Adalah Selisih Harga Jual Per Unit Dengan Biaya Variable Per Unit.
Untuk Lebih Jelasnya Marilah Kita Aplikasikan Rumus Tersebut Dalam Contoh Kasus Dibawah Ini :
Sebuah Perusahaan Yang Diberi Nama “Usaha Maju” Memiliki Data-Data Biaya Dan Rencana Produksi Seperti Berikut Ini :
1)         Biaya Tetap Sebulan Adalah Sebesar Rp.140juta Yaitu Terdiri Dari:
Biaya Gaji Pegawai + Pemilik                                   = Rp.75,000,000
Biaya Penyusutan Mobil Kijang                                 = Rp.  1,500,000
Biaya Asuransi Kesehatan                                       = Rp.15,000,000
Biaya Sewa Gedung Kantor                                     = Rp.18,500,000
Biaya Sewa Pabrik                                                  = Rp.30,000,000
2)         Biaya Variable Per Unit Rp. 75,000.00 Yaitu Terdiri Dari :
Biaya Bahan Baku                                                     = Rp.35,000
Biaya Tenaga Kerja Langsung                                     = Rp.25,000
Biaya Lain                                                                 = Rp.15,000
3)         Harga Jual Per Unit Rp.95,000.
Sekarang Mari Kita Hitung Berapa Tingkat BEP Usaha Tersebut Baik DALAM UNIT MAUPUN DALAM RUPIAH :
BEP UNIT Adalah
= Biaya Tetap / (Harga Per Unit – Biaya Variable Per Unit)
= Rp.140juta / (Rp.95,000 – Rp.75,000)
= Rp.140juta / Rp.20,000 = 7,000 Unit
BEP RUPIAH Adalah
= Biaya Tetap / (Kontribusi Margin Per Unit : Harga Per Unit)
= Rp.140 Juta / (Rp.20,000 : Rp. 95,000)
= Rp.140juta  / 0.2105
= Rp.665,083,135
Penjelasan Perhitungan BEP :
Untuk Dapat Beroperasi Dalam Kondisi BEP Yaitu Laba Nol, Perusahaan “Usaha Maju Terus” Harus Dapat Menghasilkan Produk Sebanyak 7,000 Unit Dengan Harga Rp.95,000 Unit, Maka Jumlah Penjualannya Akan Menjadi Rp.665,083,135.
Aplikasi BEP Untuk PENGHITUNGAN TARGET LABA.
Dengan Mengetahui Kapan Perusahaan Melewati Tingkat BEP, Maka Anda Sebagai Manager Atau Pemilik Usaha Maju Terus Akan Dapat Menghitung Berapa Minimal Penjualan Untuk Mendapatkan Laba Yang Anda Targetkan, Yaitu Dengan Cara Menambahkan Laba Yang Ditargetkan Tersebut Dengan Biaya Tetap Yang Anda Miliki.
Misalkan Target Laba Anda Sebulan Adalah Rp.75 Juta, Maka Minimal Penjualan Yang Anda Harus Capai Adalah Sebagai Berikut :
BEP – Laba = (Biaya Tetap + Target Laba) / (Harga Per Unit – Biaya Variable Per Unit)
BEP – Laba = (Rp.140juta + Rp.75juta) / (Rp.95,000 – Rp.75,000)
BEP – Laba = Rp.215juta / Rp.20,000
BEP – Laba = 10,750 Unit Atau
BEP – Laba = Rp.1,021,250,000 (10,750 Unit X Rp.95,000)
Mari Kita Buktikan Perhitungan Tersebut Diatas, Apakah Benar Dengan Menjual Sebanyak 10,750 Unit Usaha Maju Terus Akan Mendapatkan Laba Sebesar Rp.75,000,000.
A
Penjualan (10,750 Unit X Rp.95,000)
Rp.1,021,250,000
B
Dikurangi :
1. Biaya Tetap
Rp.140,000,000
2. Biaya Variable (10,750 X Rp.75,000)
Rp.806,250,000
Total Biaya
Rp.   946,250,000
C
Laba / (Rugi)
Rp.     75,000,000

PROVEN!!! – TERBUKTI ;-)

Contoh Saja: “ANALISIS USAHA MINUMAN SARI JERUK NIPIS”

Informasi Bisnis Terkini : Analisis Usaha Minuman Sari Jeruk Nipis - Anda Tentu Tahu Jeruk Nipis Yang Berbentuk Bulat Lonjong Berwarna Kekuningan Jika Telah Matang Dan Rasanya Agak Asam. Selain Lebih Banyak Dikenal Sebagai Penambah Bumbu Masakan, Saat Ini Jeruk Nipis Juga Sedang Digembar-Gemborkan Sebagai Bahan Baku Utama Kosmetik Dengan Janji Membuat Kulit Kita Menjadi Lebih Halus Dan Bebas Jerawat.

Ternyata, Selain Dua Manfaat Diatas, Jeruk Nipis Juga Dapat Digunakan Sebagai Bahan Baku Minuman Segar. Seperti Contohnnya, Saat Ini Telah Beredar Jenis Minuman Berbahan Baku Jeruk Nipis Yang Diperankan Oleh Model Putri Kecantikan Sejagad. Tak Kalah Dengan Minuman Jeruk Nipis Yang Sering Diiklankan Di Media Cetak Dan Elektronik, Di Kabupaten Kuningan Pun Terdapat Beberapa Produsen Pembuat Jenis Minuman Serupa Yang Berbahan Baku Jeruk Nipis.

Usaha Ini Memiliki Prospek Penjualan Yang Cukup Menguntungkan. Supaya Tidak Penasaran, Kita Lihat Saja Dari Analisis Usaha Pembuatan Minuman Sari Jeruk Nipis Dari Salah Satu Produsen Jeruk Nipis Unggulan Di Kabupaten Kuningan.

ANALISIS PEMBUATAN MINUMAN SARI JERUK NIPIS
Harga Jual Produk : Rp. 2000,- Per Botol
Kapasitas Produksi/Hari : Rp. 2.750,- Botol

1 BIAYA PRODUKSI
A. Biaya Tetap
- Peralatan Rp 145,850

B. Biaya Tidak Tetap
- Bahan Baku Rp 2,170,000
- Bahan Bakar Dan Listrik Rp 75,000
- Tenaga Kerja Rp 337,500
- Kemasan Rp 402,500
Total Rp 2,985,000

Total Biaya Produksi Rp 3,130,850

2 Keuntungan Per Bulan
Penerimaan Rp 5,500,000
Keuntungan Rp 2,369,150

3 BREAK EVEN POINT (BEP)
A. Bep Harga Rp 1,138.49
B. Bep Volume Produksi (Kg) 1,565.43
4 B/C Ratio 0.757
5 Return Of Investment (Roi) (%) 75.67

ASUMSI PEMBUATAN SARI JERUK NIPIS
1. Investasi Bangunan Dan Peralatan Berupa (Mesin Press Jeruk, Mesin Pencampur, Uv Ilter Dll)
Sebesar Rp. 700.000.000
Asumsi Masa Penggunaan Sekitar 20 Tahun, Dengan Intensitas Penggunaan
20 Hari Per Bulan. Jadi Asumsi Jumlah Pemakaian Sekitar 4800 Kali.
Asumsi Biaya Pemakaian = Rp.700.000.000/4800 Kali = Rp. 145,850/ 1 Kali Produksi
2. Kapasitas Produksi Per 1 Kali Produksi Sekitar 2750 Botol Minuman Jeruk Nipis
3. Bahan Baku Utama Berupa Jeruk Nipis Dan Gula Putih
4. Kemasan Botol, Dikemas Dalam Bronjong Yang Terbuat Dari Bambu Isi 5 Botol Atau
Dus Isi 10 Dan 25 Botol.
5. Jumlah Tenaga Kerja 15 Orang.

CARA MENGHITUNG “ROI” (RETURN ON INVESTMENT)

Dalam Suatu Usaha Tentunya Kita Harus Cermat Dan Jeli Dalam Melihat Peluang Usaha Mana Yang Lebih Menjanjikan Dan Menguntungkan Atas Uang Yang Akan Kita Tanamkan. Juga Kita Harus Bisa Menghitung Apakah Suatu Usaha Yang Kita Jalankan Tersebut Akan Memberikan Keuntungan Seperti Yang Kita Harapkan. Untuk Itu Perlu Bagi Kita Untuk Mengetahui Tingkat Keuntungan Atas Investasi Yang Telah Kita Lakukan Dalam Suatu Usaha. Pun Hal Ini Berlaku Bagi Investor Sebelum Melakukan Investasi Atas Dana Yang Mereka Miliki, Perlu Untuk Mempertimbangkan Tingkat Roi Yang Ditawarkan Oleh Rekan Bisnis Kita. Apa Itu Roi?

PENGERTIAN ROI
Roi (Singkatan Bahasa Inggris : Return On Investment) Atau Ror (Singkatan Bahasa Inggris: Rate Of Return) – Dalam Bahasa Indonesia Disebut Laba Atas Investasi – Adalah Rasio Uang Yang Diperoleh Atau Hilang Pada Suatu Investasi, Relatif Terhadap Jumlah Uang Yang Diinvestasikan. Jumlah Uang Yang Diperoleh Atau Hilang Tersebut Dapat Disebut Bunga Atau Laba/Rugi. Investasi Uang Dapat Dirujuk Sebagai Aset, Modal, Pokok, Basis Biaya Investasi. Roi Biasanya Dinyatakan Dalam Bentuk Persentase Dan Bukan Dalam Nilai Desimal. Roi Tidak Memberikan Indikasi Berapa Lamanya Suatu Investasi. Namun Demikian, Roi Sering Dinyatakan Dalam Satuan Tahunan Atau Disetahunkan Dan Sering Juga Dinyatakan Untuk Suatu Tahun Kalendar Atau Fiskal. (Wikipedia) Roi Juga Dikenal Sebagai Tingkat Laba (Rate Of Profit) Atau Hasil Suatu Investasi Pada Saat Ini, Masa Lampau Atau Prediksi Di Masa Mendatang. Atau Bahasa Sederhananya Roi Merupakan Pengembalian Keuntungan Atas Investasi.

CARA MENGHITUNG ROI
Roi Bisa Juga Diartikan Sebagai Rasio Laba Bersih Terhadap Biaya. Rumus Menghitung Roi Adalah Sebagai Berikut :

ROI = ( TOTAL PENJUALAN – INVESTASI ) / INVESTASI X 100%

Misalnya, Jika Investasi Sebesar Rp 10.000.000 Menghasilkan Penjualan Sebesar Rp 15.000.000, Berarti Diperoleh Laba Sebesar Rp 5.000.000

Maka Secara Sederhana Perhitungan Roi Dalam Presentase Adalah = ((Rp 15.000.000 – Rp 10.000.000) / Rp 10.000.000) X 100% Adalah Sebesar 50%. Maka Dapat Disimpulkan Tingkat Roi Nya Adalah Sebesar 50%

Seringkali Kita Hanya Berfokus Pada Margin Keuntungan Atas Produk Atau Jasa, Akan Tetapi Kita Seharusnya Juga Menghitung Roi Secara Akurat Untuk Mendapatkan Kepastian Dan Keyakinan Bahwa Usaha Yang Dijalankan Mampu Terus Berkembang. Dalam Menjalankan Bisnis, Seorang Entrepeneur Harus Memperhatikan Jumlah Dana Yang Harus Diinvestasikan Dalam Mencapai Target Penjualan, Jumlah Margin Keuntungan Yang Diperoleh Dan Bagian Dari Margin Keuntungan Tersebut Yang Akan Digunakan Untuk Mengembangkan Bisnis. Apabila Investasi Yang Dilakukan Hanya Menghasilkan Margin Keuntungan Yang Sedikit, Maka Usaha Tersebut Akan Mengalami Kesulitan Untuk Berkembang Di Masa Yang Akan Datang Dan Bahkan Dalam Jangka Panjang Akan Mengalami Kegagalan. Sebagai Contoh Adalah Investasi A Sebesar Rp 1000 Menghasilkan Untung Rp 100 (Roi = 10%) Dibandingkan Dengan Investasi B Rp 100 Menghasilkan Untung Rp 50 (Roi = 50%). Investasi B Memberikan Jumlah/Nominal Lebih Kecil Namun Rasio Roi Nya Jauh Lebih Besar Daripada Investasi A. Bisa Kita Katakan Dalam Hal Ini Investasi B Lebih Baik Dibandingkan Dengan Investasi A.

MENGHITUNG LABA USAHA KAKI LIMA

Usaha Warung Kaki Lima Banyak Di Jumpai Dimana-Mana, Biasanya Bisa Ditemui Di Mulut-Mulut Gang, Di Pinggir Perkantoran Atau Di Pojok-Pojok Pasar Atau Terminal, Menyediakan Beraneka Kebutuhan Barang-Barang Kecil & Beraneka Camilan. Usaha Kecil Yang Flexible Tidak Membutuhkan Ruang, Modal Dan Sumberdaya Yang Besar, Menjadi Kelebihannya. Omset  Perbulan Yang Lumayan Banyak Menjadi Godaan Bagi Para Pendatang Dari Daerah Yang Bermodal Pas-Pasan Untuk Mengadu Nasib Di Kota.

Mungkin Kita Sering Bertanya, Bagaimana Menghitung Untung Usaha Seperti Warung Kaki Lima Tersebut. Jumlah Barang Yang Beragam Dan Perputaran Yang Cukup Cepat, Tentu Sulit Menghitung Untung Hanya Mengandalkan Ingatan Dan Coretan-Coretan Semata.

Dengan Sistem Akunting Yang Sederhana, Kita Bisa Menghitung Untung/Laba Secara Tepat. Waktu Dan Tenaga Seminimum Mungkin Menjadi Hal Yang Pokok Dalam Penerapan Sistem Sederhana Ini. Pendokumentasian Menjadi Kunci Pokok Awal Dalam Sistem Ini, Karena Usaha Dagang Ini Memiliki Banyak Jenis Barang Dengan Harga Yang Berbeda Maka Pengawasan Persediaan Menjadi Kunci Pokok Berikutnya, Salah Dalam Menilai Persediaan Maka Laba Menjadi Tidak Relevan.

Laba Adalah Hasil Sisa Usaha, Laba Secara Sederhana Dibagi Dua : Laba Kotor & Laba Bersih. Laba Kotor Adalah Penjualan Dikurang Harga Pokok Penjualan, Laba Bersih Adalah Laba Kotor Dikurang Biaya Usaha. Biaya Usaha Adalah Biaya-Biaya Yang Dikeluarkan Untuk Menjamin Kelangsungan Hidup Usaha, Seperti Biaya Listrik, Biaya Telepon, Biaya Retribusi, Biaya Parkir, Biaya Sewa, Biaya Transportasi Dll. Penjualan Adalah Semua Penerimaan Usaha Dari Usaha Pokok Seperti Penjualan Barang Dagangan. Harga Pokok Persediaan Adalah Harga Beli (Harga Perolehan) Barang Dagangan Yang Siap Dijual. Harga Beli Tersebut Adalah Harga Beli Dasar Dikurang Discount Ditambah Biaya Pengepakan, Ongkos Kirim Dan Biaya Lain Yang Melekat Pada Barang Tersebut Sampai Barang Tersebut Sampai Di Tempat Dan Siap Dijual. Harga Pokok Penjualan Adalah Harga Pokok Persediaan Yang Terjual.

Untuk Menghitung Laba Maka Diperlukan Pembagian Waktu Tutup Buku (Waktu Menghitung Untung/Laba) Misalnya Setiap Sebulan Sekali, Tiga Bulan Sekali Atau Enam Bulan Sekali Dan Dilakukan Secara Konsisten. Waktu Tutup Buku Ini Diperlukan Agar Waktu Yang Dicurahkan Untuk Pendokumentasian Tidak Berlarut-Larut Yang Akhirnya Menyita Tempat, Selain Itu Untuk Menjaga Kelengkapan Dan Keakuran Data. Setelah Waktu Tutup Buku Disepakati Baru Kemudian Ke Langkah Pendokumentasian Dan Perhitungan Laba.

Langkah-Langkahnya Terbagi Tiga, Langkah Inventarisir, Langkah Pendokumentasian (Langkah Harian) Dan Langkah Tutup Buku (Langkah Periodical).

Langkah Inventarisir Sebagai Berikut :

Langkah Paling Awal Adalah Inventarisir Barang Yang Ada Saat Awal Dimulainya Sistem Ini, Misalnya Waktu Tutup Buku Ditetapkan 3 Bulan Dari 1 Januari S/D 31 Maret 2013, Maka Lakukan Penghitungan Fisik Barang Dagangan Pada Pagi Hari Sebelum Warung Buka Pada Tanggal 1 Januari 2013 Atau Pada Tanggal 31 Desember 2012 Saat Warung Tutup.
Menutup Usaha Saat Penghitungan Fisik Akan Lebih Baik Untuk Mendapatkan Perhitungan Yang Akurat, Dan  Bisa Dibuka Kembali Saat Penghitungan Selesai.
Buat Catatan Dalam Selembar Kertas Beri Judul ‘Saldo Awal Barang Dagangan 1 Januari 2013’, Buat Kolom-Kolom Bergaris Pada Kertas Tersebut Berisi, No, Nama Barang, Jumlah Unit, Harga Satuan Dan Jumlah Rupiah.
Harga Satuan Penghitungan Fisik Bisa Didapat Dari Bon-Bon Pembelian Yang Ada (Sebelum Waktu Penghitungan Fisik) Dan Dibuat Rata-Rata Per Barang, Jika Memang Tidak Dilengkapi Bon Maka Gunakan Harga Beli Yang Wajar (Umum) Pada Saat Dilakukan Penghitungan Fisik. Contoh Penghitungan Untuk Harga Satuan Yang Diisikan Bisa Dilihat Pada ‘Langkah Periodical – No. 1 & 2”.
Langkah Pendokumentasian (Langkah Harian) Sebagai Berikut :
Semua Pembelian Harus Disertai Bukti (Bon), Yang Di Dalamnya Berisi Rincian Tanggal, Nama Toko Penjual, Nama Barang, Jumlah Unit, Harga Satuan Dan Jumlah Pembelian. Untuk Pembelian Tanpa Bon Bisa Dibuat Dalam Secarik Kertas Kecil Berisi Rincian Spt Diatas.
Bon-Bon Pembelian Di Simpan Dalam Tempat Khusus Dan Diusahakan Bon Ditumpuk Sesuai Tanggal   Pembelian. Bon-Bon Yang Sudah Tidak Terpakai Karena Telah Tutup Buku Bisa Disingkirkan Dalam Tempat Tersendiri.
 Pembelian Yang Dilengkapi Bon Dilakukan Konsisten Dimulai Pada Awal Periode Tutup Buku, Misalnya Untuk Tutup Buku 3 Bulan Dari Januari S/D Maret 2013, Maka Pembelian Disertai Bon Dimulai Tanggal 1 Januari.
 Semua Penjualan Dicatat Dalam Buku Khusus Penjualan, Di Dalamnya Berisi Tanggal, Nama Barang, Jumlah Barang Yang Dijual, Harga Satuan Dan Jumlah Rupiah Penjualan Per Barang. Pencatatan Dilakukan Setiap Terjadi Transaksi Penjualan Untuk Mencegah Kealpaan, Namun Dalam Kondisi Tertentu Untuk Menyingkat Waktu Bisa Dilakukan Pada Selembar Kertas Coretan Singkat Sementara, Bisa Berbentuk Kode-Kode Tertentu Untuk Jenis Barang Tertentu Juga Kode Tertentu Untuk Harga Tertentu.
Pencatatan Penjualan Dimulai Saat Awal Waktu Tutup Buku, Misalnya Untuk Tutup Buku 3 Bulan Dari Januari S/D Maret 2013, Maka Pencatatan Dimulai Tanggal 1 Januari S/D 31 Maret 2013. Untuk Usaha Yang Telah Berjalan, Penjualan Sebelum Tanggal 1 Januari 2013 Tidak Berlaku.

Langkah Tutup Buku ( Langkah Periodical) Sebagai Berikut :
Kumpulkan Semua Bon Pembelian Dan Kertas Berjudul ‘Saldo Awal Barang Dagangan 1 Januari 2013’
Buat Perhitungan Harga Pokok Persediaan Per Nama Barang Dalam Selembar Kertas, Kemudian Pada Kertas Tersebut Buatkan Kolom-Kolom Nomor Urut, Tanggal, Nama Barang, Harga Satuan Jumlah Unit Dan Total Harga. Isikan Kolom Tersebut  Berdasar Nama Barang Yang Dibeli Selama Periode (Misalnya Dari Januari S/D Maret 2013) Dan Saldo Awal Barang Dagangan Secara Urut Tanggal, Lalu Jumlahkan Jumlah Unit & Rupiah Masing-Masing Nama Barang. 
 Contoh :   Misalkan Tutup Buku     Adalah  3  Bulan Sekali Dan Tutup Buku Yang Pertama Adalah Tgl 31 Maret 2013 (Untuk Periode 1 Januari S/D 31 Maret 2013).
Misalkan Terdapat Data-Data Untuk Barang Rokok Asyek :
-       Saldo Awal 1 Januari 2013 . . . . . .12 Unit  @ Rp. 10.000  = Rp. 120.000
-       Pembelian Tgl 5 Februari 2013 . . . . 7 Unit  @ Rp.    9.500 = Rp.  66.500
-       Pembelian Tgl 24 Maret 2013 . . . .15 Unit  @ Rp. 11.000  = Rp. 165.000

Maka Perhitungan Harga Pokok Per Nama Barang Untuk Rokok Asyek Sebagai Berikut :
No.       Tanggal            Nama Barang                Jml Unit            Hrg Satuan        Jumlah (Rp.)   

1            1 Jan 2013       Rokok Asyek                 12                  10.000              120.000
2            5  Feb 2013      Rokok Asyek                  7                   9.500                66.500
3          24 Mar 2013       Rokok Asyek                 15                 11.000               165.000
            Jumlah Total . . . . . . . . . . . . . . .              34                                         351.500

Hitung Harga Pokok Persediaan Perunitnya Dengan Cara Membagi Jumlah Total Rupiah Dengan Jumlah Total Unit Yang Dibeli Per Nama Barang. Dari Contoh Diatas Harga Pokok Perunit Untuk Rokok Asyek   Adalah Rp. 351.500 : 34 = Rp. 10.338.
 Hitung Harga Pokok Persediaan Per Unit Barang Untuk Seluruh Barang Yang Dibeli Selama 3 Bulan Menurut Nama Barang Seperti Contoh Di Atas.
Kumpulkan Catatan Penjualan Selama Januari S/D Maret. Buat Perhitungan Harga Pokok Penjualan Dalam Secarik Kertas, Kemudian Pada Kertas Tersebut Buatkan Kolom-Kolom Nomor Urut, Tanggal, Nama Barang, Jumlah Unit, Harga Satuan Dan Total Harga. Isikan Kolom Tersebut  Berdasar Nama Barang (Sama Spt Membuat Perhitungan Harga Beli).
Contoh :
Terdapat 2 Penjualan Selama 3 Bulan Untuk Rokok Asyek Dengan Perincian :

No.       Tanggal            Nama Barang                Jml Unit            Hrg Satuan        Jumlah (Rp.)   

1          20 Jan 2013       Rokok Asyek                 10                  15.000              150.000
2          27 Mar 2013       Rokok Asyek                 11                  15.000              165.000
            Jumlah Total . . . . . . . . . . . . .                 21                                          315.000

Hitung Harga Pokok Penjualan Per Nama Barang. Dari Contoh Diatas Terdapat Penjualan Rokok Asyek Sebanyak 21 Unit Dengan Jumlah Penjualannya Rp. 315.000, Maka Harga Pokok Penjualannya Adalah Jumlah Unit Yang Terjual Dikalikan Dengan Harga Pokok Persediaan Per Unit Barang Atau 21 X Rp. 10.388 = Rp. 218.148.
Hitung Harga Pokok Penjualan Untuk Semua Barang. Dari Perhitungan Nomor 6 Buat Untuk Semua Barang Lalu Jumlahkan, Maka Akan Diperoleh Harga Pokok Penjualan Untuk Periode Tersebut.
Hitung Laba Kotornya,  Laba  Kotor =  Penjualan – Harga  Pokok  Penjualan,  Untuk   Rokok   Asyek Penjualannya Adalah Rp. 315.000 Dan Harga Pokok Penjualannya Rp. 218.148, Maka Laba Kotor Rokok Asyek Adalah Rp. 315.000 – Rp. 218.148 = Rp. 96.852.
Buatlah Laba Kotor Untuk Semua Barang Seperti Contoh Diatas, Lalu Jumlahkan Maka Akan Diperoleh Laba Kotor Selama Januari S/D Maret 2013.
Untuk Menghitung Laba Bersihnya Maka Kumpulkan Semua Biaya Selain Pembelian Barang Dagangan Selama 3 Bulan Lalu Jumlahkan. Laba Bersih = Laba Kotor – Biaya Usaha, Maka Laba Kotor Dikurang Biaya Usaha Hasilnya Adalah Laba Bersih.

Ke-Tiga Langkah-Langkah Diatas Bisa Diterapkan Berulang-Ulang Pada Periode Tutup Buku Berikutnya Misalnya Dari 1 April S/D 30 Juni 2013 Dst. Untuk Menghemat Waktu, Langkah Inventarisir (Penghitungan Fisik) Bisa Dilakukan 1 Tahun Sekali Atau Enam Bulan Sekali, Sementara Untuk Langkah Harian & Periodical Dilakukan Terus-Menerus.

Untuk Langkah Periodical Pada Periode Berikutnya, Tentu Membutuhkan Saldo Awal Barang Dagangan Atau Saldo Akhir Periode Sebelumnya. Saldo Awal Bisa Diperoleh Dari Perhitungan :  (Misalnya Spt Contoh Diatas) Rokok Asyek  Sbb :
Saldo Awal                                       :    12 Unit
Pembelian                                        :     22 Unit
Jumlah Tersedia Untuk Dijual       :    34 Unit
Penjualan                                         :(   21 Unit)
Saldo Akhir                                      :    11 Unit
Maka Jumlah Saldo Akhir Rokok Asyek Periode Pertama (31 Maret 2013) Adalah 11 Unit, Jumlah Tersebut Merupakan Saldo Awal Periode Berikutnya. Saldo Awal Rokok Asyek Periode Berikutnya Adalah 11 Unit  X Rp. 10.388 = Rp. 114.268

Demikianlah Sekilas Sistem Sederhana Menghitung Laba Kotor Usaha Warung Kaki Lima, Tehnik Ini Bisa Juga Diterapkan Untuk Usaha Dagang Lain Dengan Skala Yang Sama.
“ENTREPRENEUR MIND SET”
Oleh: Dr.Edu, Dr.Mus, Dr.Hc. BAYU WIRAWAN, M.Mus, M.Art, B.Mus

·          No. Telp (H.P): 0838 6242 6203
·          E-mail: bayuwirawan71@gmail.com
·          Facebook: KING JAZZ (Bayu Wirawan),
·          Facebook: "KING JAZZ", "KING JAZZ MASTERPIECE", "KING JAZZ RECORD"
·          Twitter: "KING JAZZ RECORD"
·          Music Albums - FreeDownload: http://kingjazz.mymusicstream.com/
·          Blog: http://kingjazzmaestro.blogspot.com
TIPS MENGATUR KEUANGAN BISNIS USAHA
Satu Penyebab Utama Kegagalan Usaha Dipicu Oleh Kesalahan Dalam Manajemen Keuangan Atau Kegagalan Dalam Pengelolaan Akuntansi Keuangan Yang Dimilikinya. Pemilik Bisa Juga Terlalu Berkonsentrasi Dalam Pekerjaannya Dan Tak Menyisihkan Waktu Sama Sekali Untuk Menangani Masalah Akuntansi Bisnisnya.
Sejumlah Masalah Seperti Berikut Ini Bisa Memicu Keadaan Keuangan Yang Lebih Parah:
  1. Kurangnya Arus Kas
  2. Kegagalan Mengelola Pajak Penghasilan
  3. Ketidakmampuan Perencanaan Anggaran Yang Terkelola
  4. Kurangnya Catatan Untuk Membangun Laporan Rugi Laba
  5. Gangguan Pembayaran Pemasok

Satu Langkah Mudah Yang Bisa Ditempuh Untuk Perencanaan Dan Pencegahan Masalah Ialah Dengan Membuka 2 Rekening Bank Hanya Untuk Bisnis. Pilih Bank Yang Memberikan Kenyamanan Sesuai Kebutuhan Anda Sebagai Entrepreneur. Pastikan Bank Tersebut Memeriksa Rekening Secara Berkala Dan Alokasikan Biaya Pemeriksaannya. Bila Perlu, Hubungkan Rekening Pribadi Anda Dengan Rekening Bisnis Anda Sehingga Proses Transfer Akan Lebih Mudah.
Untuk Membuka Rekening Bank Untuk Bisnis, Anda Membutuhkan Dokumen-Dokumen Tertentu. Periksa Lagi Tumpukan Dokumen Di Kantor Anda, Apakah Anda Bisa Temukan Dokumen Yang Diperlukan Dengan Membuka Rekening Bisnis Secara Terpisah, Anda Akan Tahu Perlu Atau Tidaknya Menerima Sertifikat Dan Nomor Pajak Dari Pihak Berwenang Setempat Tergantung Dari Sifat Bisnis Anda. Saat Membuka Rekening, Pastikan Membawa Lembar Dokumen Yang Diperlukan Untuk Memverifikasi Keberadaan Bisnis Anda, Seperti Tagihan Telepon Dan Laporan Kartu Kredit Atas Nama Perusahaan. Rekening Bank Untuk Bisnis:
Ada Dua Aturan Sederhana Yang Perlu Diketahui Saat Menggunakan
1. Jangan Gunakan Rekening Bisnis Untuk Pengeluaran Pribadi
2. Jangan Gunakan Rekening Pribadi Untuk Pembiayaan Bisnis

Mayoritas pemilik bisnis tidak mengindahkan hal ini sehingga di kemudian hari saat bisnis sedang limbung, keuangan pribadi ikut terkena imbasnya. Saat menghabiskan uang untuk bisnis, gunakan akun bisnis dan sebaliknya. Saat uang dari kegiatan bisnis masuk, taruhlah di rekening bisnis. Jika Anda berpegang teguh pada prinsip sederhana tetapi fundamental ini, semuanya akan jauh lebih mudah setelahnya.
Saat membawa pulang sejumlah uang, berarti Anda ingin membayar diri Anda dari kegiatan bisnis. Jangan habiskan uang langsung dari rekening bisnis yang Anda punya. Inipun akan timbulkan masalah. Sebaliknya tulis cek (atau transfer jumlah yang diinginkan) ke rekening bank pribadi Anda. Sisihkan seperempat bagian dari uang yang Anda bayar sendiri ke rekening tabungan bisnis. Uang itu akan digunakan untuk membayar pajak setiap jatuh tempo. Jika Anda menyisihkan 25% penghasilan, Anda akan mengatasi tagihan pajak yang dimiliki. Bahkan bila perlu sisihkan 30%. Dengan demikian, secara pasti Anda akan memiliki dana yang diperlukan untuk membayar tagihan pajak saat jatuh tempo.
Keuangan harus bisa dikelola dengan baik agar dalam sebuah bisnis bisa menghasilkan sesuatu yang riil yaitu profit
Keuangan harus dicatat terpisah antara keuangan pribadi pemilik dengan keuangan bisnis itu sendiri
Jangan meremehkan pencatatan cash flow sehari-hari meski usaha masih sederhana.
Pencatatan tiap detail kas keluar masuk sangat pentingJika bisnis berhasil mendapat profit, jangan diambil/dihabiskan semua untuk kepentingan pribadi pemilik usaha
Bagi profit jadi 3 bagian : 1. Untuk pengembangan bisnis, 2. Untuk kepentingan pribadi (termasuk di dalamnya sedekah), 3. Untuk tabungan
Perhitungkan dengan baik beban/biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk operasional bisnis, seperti pembayaran listrik, telpon, dll,
Atur beban seminimalnya. Bila tidak mengalami profit, setidaknya usaha awal yang kamu bangun berada di titik impas/BEP
Semakin besar usahamu, semakin banyak pula transaksi yang dilakukan.
Jika kamu tak belajar mengelola keuangan dari sekarang,kapan lagi? Itu dia beberapa tips yang bisa wira share tentang "Cara Mengelola Keuangan Bisnis Bagi Pemula". Semoga bermanfaat dan bisa dipraktikkan :)
 (bn/dari berbagai sumber)

SELAMAT MENJADI PENGUSAHA YANG BERKUALITAS MASUK SURGA KARENA MELAYANI …. BUKAN DILAYANI … ;-)
By: KING JAZZ (Bayu Wirawan)




“ENTREPRENEUR MIND SET”
Oleh: Dr.Edu, Dr.Mus, Dr.Hc. BAYU WIRAWAN, M.Mus, M.Art, B.Mus

·       No. Telp (H.P): 0838 6242 6203
·       E-mail: bayuwirawan71@gmail.com
·       Facebook: KING JAZZ (Bayu Wirawan),
·       Facebook: "KING JAZZ", "KING JAZZ MASTERPIECE", "KING JAZZ RECORD"
·       Twitter: "KING JAZZ RECORD"
·       Music Albums - FreeDownload: http://kingjazz.mymusicstream.com/
·       Blog: http://kingjazzmaestro.blogspot.com



Contact for: Album Order, Concert, Gig, Seminar, Workshop, Music School Franchise, Music Producer

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog

Mengenai KING JAZZ (Bayu Wirawan)

Foto saya
JAKARTA, BANDUNG, PURWOKERTO, DENPASAR, JAYAPURA, JAKARTA, BANDUNG, PURWOKERTO, BALI, JAYAPURA, Indonesia
I Am a Human with Universal Talents, Entrepreneur in so Many Fields; Film and Musics Producers, Song Writer,Composer,Arranger, Audio Engineer, Jazz Pianist, Music Lecture, Music School, Recording Studio, KING JAZZ RECORD Productions, BMS RECORD, INDONESIAN RECORD, Computer Programmer, Networking Business Management, Web Developer, Psychologist, Mind Reader, Spiritual Healing, Mental Therapist, Psychic... God Too Much ... ;-) I'm Gemini Man ;-)